oleh

PPN Tak Pengaruh Harga Kuota, Ini Alasannya

Editor : Armansyah, Penulis : Hikmah-Berita, Ekobis, Info Seluler-
MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pungutan pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar 10 persen atas penjualan produk dan layanan digital mulai berlaku bulan ini. Isu yang berkembang di masyarakat, pungutan pajak tersebut akan ikut mempengaruhi harga jual kartu data.
Menanggapi hal tersebut, Regional Head Sulawesi PT. Smartfren Telecom, Tbk Lazarus Bako Tembang mengatakan pungutan PPN sama sekali tidak mempengaruhi harga jual kuota. Kenaikan pajak tersebut hanya berlaku dilevel atas.
“Peraturan ini dihadirkan supaya operator tertib pajak. Jadi pendistribusian kuota ini ada beberapa tingkatan, nah untuk pungutan pajak tersebut ada di tingkat atas sehingga tidak mempengaruhi harga jual kuota di masyarakat,” Ujar Lazarus, Rabu (3/2).
Jika terjadi peningkatan harga kuota dengan alasan ada pungutan pajak, Lazarus membeberkan maka bisa saja operator yang bersangkutan dari awal tak tertib pajak.
“Ada beberapa hal yang mempengaruhi naiknya harga kuota seperti investasi dan persaingan usaha, namun jika menyangkut persaingan usaha biasanya harga turun. Nah kalau ada yang menaikan harga dengan alasan pajak  bisa saja selama ini toko tersebut tidak tertib pajak sehingga untuk menutupi denda pajak maka menaikkan harga,” ungkapnya.
Sejalan dengan itu, Lazarus menjamin produknya tidak akan menaikkan harga dengan alasan  pungutan pajak, “Kalau kami tidak akan menaikkan harga karena pajak,” tutupnya.