oleh

Operasi Yustisi Kembali Digelar, Danyon C Pelopor Lakukan Ini ke Pelanggar Protkes

Armansyah-Berita, Bone, Daerah-

BONE, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone kembali melaksanakan operasi yustisi pendisiplinan masyarakat tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan (prokes) pencegahan penyebaran Covid 19.

Hal ini dilakukan setelah beberapa minggu terakhir terjadi peningkatan kasus konfirmasi positif Covid 19 di Kabupaten Bone. Sebelum operasi yustisi dimulai, seluruh personel gabungan melaksanakan apel dan dipimpin Bupati Bone, Fashar Padjalangi.

Personel gabungan itu yakni Kodim 1407 Bone, Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Den Pom XIV/1 Hasanuddin, Polres Bone, Satpol PP, Dishub dan BPBD Kabupaten Bone.

Operasi yustisi ini menyasar dua lokasi yakni Pasar Sentral lama Kelurahan Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang dan pasar Tradisional Palakka Kelurahan Palakka Kecamatan Tanete Riattang Barat.

Dalam operasi yustisi yang dipimpin langsung oleh Bupati Kabupaten Bone dan berlangsung selama kurang lebih 2 jam ini, banyak ditemukan masyarakat yang abai dengan prokes pencegahan Covid 19 seperti tidak mengenakan masker.

Hal ini disikapi serius oleh Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan,S.Sos. yang terjun langsung dalam operasi yustisi dan dirangkaikan dengan pembagian masker secara garis ini.

Saat menemukan masyarakat yang tidak menggunakan masker Danyon C Pelopor beserta personel langsung sigap memberikan himbauan secara humanis dan memberikan masker kepada masyarakat yang abai tersebut.

“Jadi, ketika ada pelanggar protkes kita tindak secara humanis. Edukasi protkes dan berikan masker dengan tujuan masyarakat aman,” ujar Kompol Nur Ichsan, Jumat (5/2).

Selain itu, Danyon C Pelopor juga mengatakan pihaknya akan terus mendukung upaya pemerintah Kabupaten Bone dalam rangka menekan penyebaran Covid 19. Dimana, memasifkan patroli ke tempat keramaian dan mengimbau terkait protkes.

“Hal ini merupakan suatu bentuk pengabdian kami sebagai implementasi Bhakti Brimob Untuk Masyarakat,”ujar Kompol Nur Ichsan kepada awak media disela-sela kegiatan.

Terpisah, Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis,P.S mengimbau kepada seluruh masyarakat Sulawesi Selatan untuk tetap menerapkan 3M demi memutuskan mata rantai penyebaran Covid 19.

“Meskipun saat ini telah ditemukan vaksin Covid 19, saya berharap masyarakat tetap patuh dan taat terhadap 3M agar pandemi Covid 19 ini cepat berakhir,” ujar Muhammad Anis.

Sambung Anis, kegiatan tersebut merupakan wujud dari Bhakti Brimob Untuk Indonesia, kami akan terus mendukung semua upaya pemerintah untuk mengendalikan penyebaran virus corona,” pungkas Anis—sapaan akrabnya.