oleh

Sistem Pengolahan Limbah Domestik akan Hadir di Kawasan Pasar Sumpang Minangae

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Sesuai dengan koordinasi bersama, antara Dinas PErdagangan dan beberapa leading sektor yang terlibat dalam Tim Lomba Pasar Aman dan Sehat Sumpang Minangae, Dinas Lingkungan Hidup Daerah Kota Parepare, siap membantu dan mendukung kelancaran program kegiatan tersebut.

Sebagai Instansi yang bertanggung jawab terhadap lingkungan yang bersih, Dinas Lingkungan Hidup Kota Parepare siap mengatasi permasalahan limbah yang ada di Pasar Rakyat Sumpang Minangae, baik limbah padat maupun limbah domestik (limbah cair).

“Jadi kami melihat bahwa limbah sebenarnya itu ada dua, yaitu limbah padat, dan limbah cair atau domestik. Limbah padatnya adalah, sampah yang dibersihkan oleh pedagang pasar, dan limbah cairnya adalah hasil cucian atau pembuangan baik dari pasar sendiri maupun fasilitas kamar mandi yang disiapkan oleh pasar dan semuanya ini harus dikelola dengan baik. Olehnya itu, kami mencoba mengkoordinasikan dengan pengelola pasar bagaimana mengelola limbah padat dengan baik dan bagaimana mengelola limbah domestik atau limbah cair,” Jelas Budi Basri.

Perancangan sistem pengolahan limbah cair pada sebuah pasar, tambahnya, diperlukan untuk memperbaiki kualitas air yang akan dibuang sehingga tidak mencemari lingkungan.

“Kita akan persiapkan hal itu, untuk penilaian lomba pasar aman ini. Karena dalam SOP itu, tujuannya agar semua masyarakat yang ada di wilayah pasar sumpang ini bisa paham bagaimana sebenarnya penanganan sampah yang ada, termasuk juga bagaimana penanganan limbah cair yang akan kita lakukan di pasar sumpang minangae ini,”imbuhnya.
(***)