oleh

Jelang HUT Takalar ke-61, Pemkab dan Warga Tanam 5000 Pohon Kelor 

Armansyah and Supahrin-Berita, Daerah, Takalar-
TAKALAR, BACAPESAN.COM –
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Takalar bersama warga menanam sekitar lima ribu pohon kelor di Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang, Sabtu (6/2) kemarin. Penanaman ini merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Takalar yang ke-61 pada 10 Februari mendatang.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Takalar Faisal Sahing, mengatakan, penanaman pohon kelor ini untuk mendukung program penghijauan. Selain itu, bisa dimanfaatkan warga sebagai bahan membuat sayur lantaran memiliki nilai gizi tinggi.

“Kita baru saja bersama warga menanam lima ribu pohon kelor di Desa Laikang, ini rangkaian perayaan HUT Takalar, di beberapa tempat kita juga sudah melakukan hal serupa,” kata Faisal Sahing, Minggu (7/2).

Ia menegaskan, jika momentum ini dijadikan sebagai bagian untuk menyelamatkan bumi. Apalagi, kawasan Laikang selama ini dikenal sebagai daerah yang kering dan gersang sehingga penghijauan di saat musim hujan adalah momentum yang sangat tepat.

“Ini bagian dari pelestarian alam sebagai upaya menyelamatkan bumi, sesuai arahan bapak Bupati kita memang sejak dua tahun terakhir gencar menanam pohon kelor karena manfaatnya banyak sekali,” terangnya.

Faisal pun sangat mengharapkan agar penghijauan ini bisa menyimpan lebih banyak air sehingga Desa Laikang tidak lagi kekurangan air bersih di masa yang akan datang.

Untuk itu, ia sangat mengharapkan pastisipasi masyarakat untuk menjaga pohon agar tak diganggu oleh binatang ternak peliharaan warga.

“Harapannya tentu penghijauan untuk lebih banyak menyimpan air tanah sehingga ke depan orang Laikang tidak kekurangan air bersih. Makanya partisipasi warga sangat kita butuhkan untuk menjaga dan merawat karena di lokasi penanaman banyak binatang ternak berkeliaran,” pungkasnya.