oleh

DKP Pinrang Siap Bersinergi Tingkatkan Ketahanan Pangan Keluarga

Editor : Armansyah, Penulis : Amran-Berita, Daerah, Pinrang-

PINRANG, BACAPESAN.COM – Pandemi memberikan dampak ke semua sektor, termasuk ketersediaan pangan. Dimana, akses dan distribusi pangan terbatas akan menganggu ketahanan pangan keluarga.

Hal itu disampaikan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pinrang Abdu Mallu. Kata dia, solusi mengatasi masalah pangan yakni memanfaatkan lahan kosong di masing-masing rumah warga.

“Cara itu merupakan salah satu program pemerintah dalam meningkatkan penghasilan dengan memanfaatkan pekarangan atau lahan kosong untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga dengan sebutan Program Pangan Lestari (P2L),” Sebut Abdu Mallu, Selasa (9/2).

Melalui program ini, Kata Abdu Mallu, pihaknya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan atau lahan kosong yang tidak produktif dengan menanam aneka tanaman dalam memenuhi kebutuhan pangan keluarga.

“Ini kan bisa menjaga kebutuhan dan ketahanan pangan keluarga. Kita tinggal petik sayur-sayuran dari pekarangan,” ujarnya.

P2L dikembangkan dengan tujuan
meningkatkan ketersediaan, akses dan pemanfaatan pangan bagi keluarga.

“Melalui P2L bisa dihasilkan pangan beragam, bergizi seimbang dan aman, sekaligus untuk peningkatan pendapatan keluarga,yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan,” pungkas Abdu Mallu.