oleh

Besok, Pascasarjana Unifa Gelar Seminar UMKM

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Hikmah-Bisnis, Edukasi, Ekobis, Kampus-

Dalam Menghadapi New Normal 2021

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Tidak sedikit pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terseok-seok karena dampak pandemi Covid-19. Masalah ini menjadi tantangan besar masyarakat untuk tetap bisa terus melanjutkan mata pencahariannya.

Sekedar diketahui, berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS) menemukan 42 persen pelaku usaha hanya dapat bertahan selama tiga bulan, yaitu sejak Juli sampai Oktober 2020. Sedangkan 58 persen lainnya masih bisa bertahan di atas 3 bulan. Estimasi ini muncul bila tidak ada perubahan operasional dan intervensi dari pemerintah.

Survei dengan responden 34.559 pelaku usaha terdiri dari 25.256 usaha mikro dan kecil (UMK), 6.821 usaha menengah dan besar (UMB), dan 2.482 di sektor pertanian.

Masih survei BPS, pada sektor informasi dan komunikasi mencatat pertumbuhan pada kuartal II 2020 sebesar 10,88 persen. Pertumbuhan ini dinilai menjadi penopang perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19.

Melihat pertumbuhan bisnis di sektor infokom tersebut, mahasiswa Pascaarjana Ilmu
Komunikasi Universitas Fajar (Unifa) menggagas seminar “How to Win Yor Business in New Normal Era” di Bikin-bikin Hub Nipah Mall, Kamis (11/2/2021) mendatang.

Seminar yang diisi oleh lima panelis ini masing-masing akan membawakan materi mengenai Changes in The Marketing Communication During Pandemic oleh Nur Fajar Anzari Gazali, What to do
For Your Bussiness in New Normal Era oleh Taofiq Ahmad, Learn Your New Customer Behaviour oleh Musdalifah Haris, Drive Your Social Media Strategy Forward oleh Wiwik Salwidyah dan terakhir Strategy Integrated Marketing Communication for Retain Your Customer oleh Amalia Febriana.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi tugas mata kuliah Karya Ilmiah yang Diseminarkan
Topik ini digagas karena melihat masih banyak pebisnis khususnya di Makassar yang belum melihat peluang yang sebenarnya sangat mungkin untuk dikembangkan meskipun dalam masa pandemi,” tutur Amalia Febriana.

Ia melanjutkan, seminar ini akan menarik untuk kamu yang tertarik dengan digital marketing atau pengusaha yang sedang mengembangkan bisnis di masa new normal dan ingin mempertahankan konsumen. “Selin itu, seminar ini dapat menjadi referensi menarik di awal tahun 2021,” tutupnya. (*)