oleh

Tujuh Daerah di Indonesia Terapkan PPKM Skala Mikro

Editor : Armansyah-Berita-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pemerintah mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPMK) berbasis skala mikro hingga tingkat RT/RW di tujuh daerah di Indonesia. Diantaranya, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali. Kebijakan itu berlaku mulai 9-22 Februari 2021.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Prof Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan dalam penerapannya, PPKM Mikro membatasi kapasitas kegiatan kantor, rumah makan, dan tempat ibadah hingga 50%. Untuk kegiatan sekolah dilakukan secara online.

Lalu wilayah Desa atau Kelurahan wajib mendirikan posko yang terdiri dari beberapa unsur masyarakat. PPKM Mikro juga menerapkan kebijakan zonasi pengendalian wilayah hingga tingkat RT/RW.

“Zona hijau tidak ada kasus positif, zona kuning apabila ada 1-5 rumah yang terdapat kasus positif, zona oranye apabila ada 6-10 rumah yang terdapat kasus positif, dan zona merah bila lebih dari 10 rumah yang terdapat kasus positif,” kata Prof Wiku Bakti Bawono Adisasmito

Kebijakan PPKM ini sudah pernah diterapkan di 98 kabupaten/kota di Jawa-Bali. Hasilnya, terjadi penurunan penularan kasus. Pada akhir pekan ketiga pelaksanaan PPKM, angka kasus aktifnya 16,24%, lalu di akhir pekan keempat turun menjadi 15,23%.

“Kalau diterapkan lebih mikro seperti sekarang, maka akan lebih efektif,” papar dia.

“Prinsip PPKM Mikro sebenarnya adalah pembatasan bukan pelarangan. Pembatasannya ini dibuat berskala. Kemudian dengan berjalannya waktu penanganannya semakin berskala kecil dan semakin tersasar (targeted),” tambah dia.