oleh

Bantu Petani Hingga Produksi Pupuk Organik, Rumah Koran Ipda Purwanto Banjir Penghargaan

Editor : Armansyah-Berita-

GOWA, BACAPESAN.COM – Sebutan Kampung Sayur telah lama melekat di Rumah Koran yang terletak di desa Kamerapia Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa.

Rumah Koran ini merupakan binaan personel Satbrimob Polda Sulsel, Ipda Purwanto yang bergerak di bidang pertanian.

Atas inovasinya, Ipda Purwanto berhasil mendapatkan berbagai penghargaan baik dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat yaknu Kementrian Pertanian (Kementan).

Menggunakan pupuk organik bio teratai yang dibuat sendiri, rumah koran ini berhasil dikenal kalangan petani di Indonesia maupun dunia.

Ada banyak kegiatan yang dilakukan. Diantaranya, berbagi sayur di Panti Asuhan di empat kabupaten dan kota hingga mendistribusikan sayur di dapur lapangan Brimob Polda Sulsel saat membantu korban gempa di Mamuju Sulawesi Barat.

Ipda Purwanto mengatakan Brimob Polda Sulsel telah mengajak petani binaan untuk mengembangkan pertanian organik yang ramah lingkungan hidup dan tentu aman bagi kesehatan.

“Kami mengajak petani untuk bagi-bagi sayur pada dapur lapangan TNI/Polri, dan program sedekah sayur di panti asuhan yang rutin dilakukan tiap bulan,” kata Iptu Purwanto, Jumat (12/2).

Dia menyebut selama pandemi setidakny sudah ad 10 ton sayur yang dipanen selama 2020. Karena itu dia mengajak petani untuk selalu membantu masyarakat yang terdampak musibah bencana alam

“Khusus di Mamuju Sulbar itu kita kirim satu ton sayuran,” sebut Ipda Purwanto.

Kata dia, penghargaan yang diterima dari pemerintah pusat tidak lain karena keberhasilannya menciptakan pupuk organik bio teratai yang sudah dipakai petani di Jepang.

“Saya mau membuat rumah koran ini menjadi kampung sayur binaan yang banyak dikenal petani di Sulawesi Selatan,” harap dia.

Sementara, Dansat Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol Muhammad Anis <span;>mendukung penuh atas apa yang telah dilakukan Ipda Purwanto. Sebab menurut itu, tindakan itu sangan membantu banyak kalangan petani.

“Kami sangat mendukung apa yang telah dilakukan Ipda Purwanto, sebab ia telah membantu masyarakat petani dalam mengembangkan pertanian di Gowa”, ucap dia.

Apalagi, lanjut dia, inovasi ini sebagau wujud bhakti Brimob untuk masyarakat di sektor pertanian. Salah satu cohtohnya, yang sudah dilakukan Ipda Purwanto.

“Dia mengadakan kegiatan membantu masyarakat dalam sedekah sayur di Panti Asuhan dan berbagi sayur untuk korban gempa di Mamuju dan Majene”, ungkap dia