oleh

ASN Boleh Keluar Kota Saat Tanggal Merah, Ini Syaratnya

Editor : Armansyah-Berita, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pemkot Makassar selalu mengeluarkan kebijakan mengimbau aparatur sipil negara (ASN) untuk tidak keluar kota saat tanggal merah. Kebijakan itu diambil untuk mengantisipasi penularan Covid-19 usai  libur panjang.

Pada libur Natal dan Tahun Baru 2021 lalu, Pemkot Makassar melarang ASN keluar kota. Begitu pula pada libur panjang Tahun Baru Imlek. Kebijakan ini berlaku hingga 14 Februari, nanti.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar, Basri Rakhman mengatakan kebijakan itu merupakan instruksi langsung dari Pemerintah Pusat.

“Sudah ada edaran yang dahulu dan itu berlaku setiap ada libur panjang. Sisa penekanan momentum saja. Jadi diharapkan tidak melakukan perjalanan termasuk bersama keluarganya,” kata Basri.

Dia menyebut jika ada sesuatu yang mendesak, maka perjalanan dibolehkan dengan syarat mesti mendapat izin pimpinan.

Izin itu diharuskan dalam bentuk tertulis.

“Kalau dia adalah staf atau pegawai harus izin ke kepala dinasnya. Kalau dia kepala dinas maka harus izin ke Pak Wali,” beber dia.

Basri berharap ASN bisa bijak dalam kondisi darurat seperti ini. Sebab, di Kota Makassar kondisi penularan belum sepenuhnya melandai. Angka kasus Covid-19 masih fluktuatif.

“Paling tidak kita berikan contoh ke masyarakat,” imbuh dia.