oleh

Pulihkan Ekonomi, Pemkot Parepare Siapkan Anggaran 4M Bagi Pelaku IKM dan UMKM

Editor : Kalmasyari-Berita, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kota Parepare kini tengah mempersiapkan peluncuran program bantuan bagi pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Bantuan tersebut diberikan kepada para pelaku UMKM yang ada di Kota Parepare untuk menyelamatkan usahanya di masa pandemi sekarang ini, dan juga sebagai realisasi tahun pemulihan ekonomi yang dicanangkan Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

Sekretaris Dinas Perdagangan Kota Parepare, Hj Siti Rahmah Amir mengatakan, program yang mengakomodasi pemulihan ekonomi tersebut, yakni pemberian bantuan sarana dan prasarana kepada UKM dan UMKM yang ada di Kota Parepare. Untuk tahun ini, sekira Rp 4 miliar pemberian bantuan tersebut akan diberikan kepada pelaku IKM dan UMKM.

“Ini karena keinginan Wali Kota Parepare, Bapak Taufan Pawe untuk menjadikan tahun 2021 sebagai tahun pemulihan ekonomi, jadi melalui Dinas Perdagangan memberikan bantuan kepada pelaku usaha agar bagaimana usaha mereka dapat berkesinambungan,”terang Siti Rahmah.

Untuk mekanisme tambah dia, yang dilakukan Pemerintah Kota dalam hal ini Dinas Perdagangan Kota Parepare, dengan mengalokasikan pemberian bantuan sarana dan prasarana bagi IKM dan UMKM tersebut melalui dua jenis, yaitu pagu wilayah dan melalui pokok pikiran DPRD.

“Kita ketahui bersama, kalau pagu wilayah itu melalui Musrenbang 2020. Itulah data yang kami serap dari Kelurahan pengusul. Dan selanjutnya ada juga melalui pokok pikiran DPRD atau pengusul dari pelaksana reses-reses anggota Dewan,”terang Siti Rahmah.

Secara administrasi lanjutnya, pihaknya sudah melakukan persuratan di seluruh Kelurahan dan DPRD untuk segera memberikan nama-nama penerima manfaat alokasi bantuan sarana dan prasarana tersebut.
(***)