oleh

Balawista Sulsel Bakal Gelar Peningkatan SDM

Armansyah-Berita, Komunitas-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Sulawesi Selatan terbentuk. Langkah awal, program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bakal digelar dalam waktu dekat.

Ketua Balawista Sulsel, Zulkifli Djufrie mengatakan, Balawista memiliki peran yang penting dalam melakukan pengawasan dan pertolongan untuk menjaga keselamatan pengunjung wisata yang melakukan aktivitas diarea wisata tirta.

Sehingga, memberikan pengamanan pencegahan terhadap kecelakaan dan kenyamanan terhadap pengunjung, dan membantu pula dalam promosi tempat wisata di Sulawesi Selatan.

”Tujuan akhirnya, tingkat kunjungan wisatawan di lokasi destinasi akan terus meningkat,” jelas Zulkifli, Selasa (16/2).

Balawista Sulsel, kata Zul, akan membuka lapangan kerja bagi masyarakat untuk bergabung sebagai Penyelamat Wisata Tirta (Lifeguard). Selanjutnya, diberikan pelatihan dalam rangka pengamanan kegiatan wisata tirta.

“Lifeguard ini sangat ditentukan oleh kehandalan petugas penyelamat dan untuk itulah pemerintah perlu merekrut petugas penyelamat wisata tirta yang handal sehingga lebih sigap mengantisipasi kecelakaan wisatawan diarea objek wisata tirta,” bebernya.

Adapun wisata tirta yang dimaksud yakni pantai, sungai/danau, waterboom, air terjun, swimming pool dan lainnya. Kedepan, sambung Zul, pihaknya akan bersinergi dan bekerjasama dengan beberapa lembaga lainnya seperti basarnas dan BNPB.

“Kita ingin membantu pemerintah setempat maupun nasional dalam penanganan bencana alam seperti banjir, longsor, dan tsunami,” jelasnya.

Balawista Sulsel akan membuka cabang tingkat II di Kabupaten dan Kota. Zul menyampaikan, pihaknya membuka pendaftaran di setiap daerah untuk menjadi pengurus melalui email ke balawista.sulsel01@gmail.com.

“Kita buka Balawista Tingkat II, silahkan mengirimkan surat permohonan beserta biodata ke email Balawista Sulsel,” tandasnya.