oleh

Pesan Bupati Toraja Utara Pasca Divaksin

Editor : Armansyah, Penulis : Cherly-Berita, Daerah, Toraja Utara-

TORAJA UTARA, BACAPESAN.COM – Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan mengikuti vaksinasi tahap pertama, setelah sebelumnya sempat batal lantaran terkendala umur.

Bersama sejumlah pejabat lingkup Pemkab Toraja Utara, dia disuntik vaksin di di RSUD Pongtiku Toraja Utara, Rabu (17/2).

Vaksinasi itu merujuk pada Surat Keputusan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (KEMENKES RI) dan Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/I/368/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 pada kelompok sasaran lansia, komorbid, dan penyintas Covid-19, serta sasaran tunda kini bisa mengikuti program vaksinasi Covid-19.

Usai divaksin, dia mengatakan bahwa sesuai aturan vaksin merupakan kewajiban bersama. Karena itu, dirinya merasa gembira sebab berkesempatan mengikuti program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah.

Apalagi, kata dia, dengan terbitnya peraturan vaksinasi terbaru dari Kemenkes RI tentu disambut baik sebagai harapan seluruh masyarakat Toraja Utara bisa divaksin. Baik yang berusia lansia ataupun penyintas Covid-19.

Kalatiku juga mengajak masyaarakat untuk sama-sama menyukseskan program vaksinasi pemerintah. Kata dia, tidak perlu ragu ataupun takut lagi untuk divaksin. Sebab vaksin ini telah melalui beberapa tahap uji coba dan hasilnya bisa dipertanggungjawabkan melalui scientific ( ilmu pengetahuan),

“Jadi vaksin ini halal dan juga terbukti secara medis dapat meningkatkan antibodi specific melawan virus corona,” kata Kalatiku.

Dia menambahkan saat ini Toraja Utara sudah berada di zona kuning. Karena itu dia mengajak masyarakat untuk sama-sama mengembalikan Toraja Utara ke zona hijau.

“Sepanjang Februari 2021 ini tingkat penyebaran pandemi ini mengalami penurunan secara signifikan. Apalagi dengan hadirnya kegiatan vaksinasi dapat menekan penyebaran wabah Covid-19,” papar dia.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Toraja Utara, Yaya Rundu Padang mengatakan bahwa sampai saat ini jumlah tenaga kesehatan yang telah divaksin telah mencapai 72,6 persen dari target yakni 1.600.

Ditambahkan Yaya bahwa yang divaksin pertama lalu pada saat pencanangan vaksinasi juga telah melaksanakan vaksin tahap dua (II), diantaranya Wakil Bupati Torut, Yosia Rinto Kadang, bersama Ketua DPRD Torut, Nober Rante Siama’ , Kepala BKPP Marthen Manurun Sarira , Kadis Sosial Mira Bangalino dan jajaran lainnya mengikuti vaksinasi tahap II.