oleh

Bupati Takalar Tepati Janji Soal Program Bantuan  Sapi

Armansyah and Supahrin-Berita, Daerah, Takalar-
TAKALAR, BACAPESAN.COM – Bupati Takalar, H Syamsari Kitta telah memberikan bantuan 3000 ekor sapi ke warga melalui kelompok tani dalam tiga tahun terakhir. Bantuan itu, merupakan janji kampanye saat maju di Pilkada lalu dan kini progres realisasi.
Kata Syamsari, pihaknya melirik Kecamatan Polongbangkeng Utara (Polut) sebagai lokasi pengembangbiakan sapi milik pemerintah Takalar. Sebab, kondisi geografis dan sumber daya alam yang baik menjadi alasan penunjukkan Kecamatan Polut.
“Pengembangbiakkan sapi yang selanjutnya dikelola bersama dengan warga sangat penting kita adakan sehingga jika sapi- sapi kita memiliki anak, maka itu untuk warga, jadi ini soal metode saja,” kata Syamsari, Jumat (19/2).
Program bantuan sapi dan kandang sapi sebanyak 35 unit di Dusun Bontorannu, Desa Massamaturu, Kecamatan Polut telah dilaksanakan, Kamis (18/2) kemarin. Tahun 2020, Pemkab Takalar telah mengembangbiakkan 250 ekor sapi di desa Pa’rapunganta, Polut.
“Tahun ini, Pemkab Takalar akan ada 500 ekor sapi untuk dikembangbiakkan di sejumlah Kecamatan milik pemerintah. Olehnya itu kita butuh kerjasama masyarakat untuk memelihara dan mengembangbiakkan sapi kita,” jelasnya.
Salah satu desa yang akan mendapatkan kuota pengembangbiakan yakni Desa Massamaturu yang lokasinya dikelilingi oleh perkebunan tebu milik PTPN.Desa pengembangbiakan tersebut nantinya akan bekerjasama dengan lembaga perguruan tinggi untuk membuat bank pakan dan mengelola pakan dari sumber daya di sekitar sebelum diberikan kepada sapi.

Sekaligus nantinya mengelola limbah sapi menjadi produk biogas yang dapat menghemat pengeluaran gas elpiji rumah tangga.

“Kita akan distribusikan sapi ini ke desa Massamaturu, kita akan bikin nota kesepahaman untuk merawat ini sapi. Dan nanti anaknya akan menjadi hak yang kelompok memelihara, sedangkan indukannya akan dikembalikan ke pemerintah untuk kemudian digulirkan lagi ke kelompok petani ternak lain yang belum mendapatkan bantuan,” paparnya.