oleh

Irwan Hamid Serahkan Santunan Jaminan Kematian BPJS Ketenagakerjaan di HUT Pinrang

Editor : Armansyah, Penulis : Amran-Berita, Daerah, Pinrang-
PINRANG, BACAPESAN.COM – Bupati Pinrang, Irwan Hamid menyerahkan santunan Jaminan Kematian BPJS Ketenagakerjaan ke ahli waris dosen Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Cokroaminoto Pinrang dan Honorer Dinas Lingkungan Hidup, masing-masing senilai Rp42 juta.
Penyerahan santunan secara simbolis tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Pinrang Irwan Hamid disaksikan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat acara HUT Pinrang di Indoor Kantor Bupati Pinrang, Jumat (19/2) kemarin.
Kepala BPJS  Ketenagakerjaan Pinrang
Soni C. Wirawan mengatakan pihaknya memberikan pelayanan prima terhadap pesertanya. Tujuannya, agar para peserta yang telah mendaftar merasakan manfaat dari program BPJamsostek.
“Jadi, program BPJS Ketenagakerjaan berupa Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian, Jaminan Pensiun, dan Jaminan Kecelakaan Kerja,” ujar Soni, Minggu (21/2).
Soni mengimbau perusahan yang belum mendaftarkan karyawan agar para pekerja dapat terlindungi oleh program BPJS Ketenagakerjaan. Ada beberapa manfaat program BPJamsostek, program tabungan.
Program ini bisa dicairkan tepat 1 bulan setelah pekerja sudah non aktif atau tidak bekerja yang disebut program Jaminan Hari Tua. Kemudian, program Jaminan Pensiun yang dapat dicairkan pada saat peserta mencapai usia pensiun.
Dimana, pada saat peserta sudah mencapai 15 tahun masa kepesertaan maka akan mendapatkan uang pensiun secara berkala seumur hidup. Selanjutnya, Jaminan Kematian dimana ini merupakan program santunan kepada ahli waris peserta yang meninggal diluar hubungan kerja.
Terakhir, Jaminan Kecelakaan Kerja dimana program ini merupakan perlindungan bagi tenaga kerja selama melakukan pekerjaannya mulai dari keluar rumah sampai tempat bekerja dan kembali ke rumah lagi.