oleh

Bentuk 5 TP2DD, BI-Pemprov Genjot Digitalisasi Keuangan

Editor : Armansyah, Penulis : Hikmah-Berita, Perbankan-
MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Upaya memperkuat ekosistem ekonomi dengan keuangan digital terus digaungkan Bank Indonesia (BI) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel. Usaha itu melalui pembentukan lima Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD).
Ke lima Tim tersebut masing-masing berada di Makassar, Maros, Gowa, Pare pare dan Barru. Tugasnya, memasifkan penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di wilayahnya.
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan, Budi Hanoto mengatakan sejauh ini
pengguna QRIS mengalami pertumbuhan. Berdasarkan data dari segi jumlah merchant, QRIS menempati posisi ke 7 di Indonesia.
“Hingga Februari 2021, jumlah merchant yang telah mendaftarkan diri untuk menggunakan QRIS di Sulsel mencapai 193.294 merchant atau tumbuh sebesar 209,3persen dibanding tahun sebelumnya,” ungkap Budi, Selasa (23/2).
Sambung dia, tingkat pertumbuhan tersebut berada diatas pertumbuhan nasional atau 120,0 persen dibanding tahun sebelumnya dan menjadikan Sulsel menempati posisi ke 7 di Indonesia dengan tingkat pertumbuhan merchant QRIS tertinggi di Indonesia.
Budi mengungkapkan saat ini Bank Indonesia tengah mendalami misi sebagai sentral digital dengan QRIS sebagai platform digital. Sebetulnya kehadiran QRIS itu sebagai bioun paimen dimana dengan kehadiran alat transaksi terstandar ini, pengelolaan keuangan masyarakat bisa lebih bagus dan mudah.
“Misal ingin mengajukan pinjaman usah, perbankan misalnya tidak perlu meminta jaminan, tinggal melihat riwayatnya melalui QRIS,” terangnya.
Terpisah, Asisten Administrasi Provinsi Sulsel, Toutoto mengungkapkan, pembentukan ke lima TP2DD ini sebagai upaya pemerintah Sulsel
mendukung digitalisasi ekonomi.
“Nantinya, akan digelar road show ke kabupaten dan kota yang memiliki perwakilan TP2DD untuk mensosialisasikan program digitalisasi ini. Saya kira tidak muluk-muluk jika kita menargetkan ribuan merchant telah menggunakan QRIS ini,” pungkasnya.