oleh

Lantik Kada Terpilih, NA Tak Ingin Ada Kerumunan

Editor : Armansyah-Berita, Headline, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pelantikan kepala daerah (Kada) terpilih hasil Pilkada 2020, dipastikan berlangsung secara tatap muka. Tepatnya tanggal 26 Februari di Baruga Pattingalloang Rumah Jabatan Gubernur Sulsel dengan jumlah peserta terbatas.

11 kepala daerah terpilih akan dikukuhkan secara bersamaan. Satu daerah lainnya yakni Toraja Utara dilantik belakangan berhubung periode kepemimpinan Bupati sebelumnya belum habis.

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah (NA) mengaku telah bertemu Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Akmal Malik dan menyetujui usulan Sulsel untuk menggelar pelantikan serentak atau bersamaan tanggal 26 Februari.

“Surat kita untuk pelantikan itu direstui. Jadi nanti pelantikannya di Makassar, di ibukota provinsi,” sebut Nurdin Abdullah di Four Point Hotel, Senin (23/2).

Pesertanya terbatas, hanya dihadiri yang bersangkutan, maksimal 25 orang dalam satu ruangan. Paket bupati dan wakilnya berjumlah 22 orang. Sementara ketua PKK masing-masing daerah dipisah di Ruang Tamu Rujab Gubernur.

“Tanggal 26 kita pelantikan. Pokoknya tanggal 25 malam SK-nya datang, 26 kita pelantikan. Yang virtual yang di daerah. Yang kesini hanya bupati, wakil bupati beserta seluruh peserta tim penggerak PKK,” tegas Nurdin.

Nurdin mengaku telah melakukan koordinasi dengan setiap pasangan kepala daerah terpilih yang akan dilantik nanti. Para pendukung, maupun instansi pemerintah yang ada di daerah bisa menyaksikan secara virtual.

“Sudah kami kordinasikan dengan paslon, dan tidak ada masalah,” pungkasnya .

Adapun 11 daerah yang kepala daerahnya akan dilantik yaitu Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Makassar), Adnan Purichta Ichsan-Abd Rauf Malaganni (Gowa), Andi Kaswadi Razak-Lutfi Halide (Soppeng), Chaidir Syam-Suhartina Bohari (Maros).

Kemudian, Basli Ali-Saiful Arief (Selayar), Theofilus Allorerung-Zadrak Tombeg (Tana Toraja). Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf (Bulukumba), Suardi Saleh-Aska Mappe (Barru), Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (Luwu Utara), Budiman Hakim (Luwu Timur), Muhammad Yusran Laloga-Syahban Samma (Pangkep).

Sementara itu, Wali Kota Makassar terpilih, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, tengah mengatur rangkaian jadwal untuk menyambut kemenangan masyarakat. Kegiatan tersebut diberi nama pidato kerakyatan.

“Mirip waktu deklarasi, kami akan siaran langsung, streaming dan TV lokal di Pantai Losari dengan menggunakan kapal Pinisi,” kata Danny.

Untuk mengantisipasi masyarakat membludak, Danny menyebut telah melakukan sejumlah antisipasi. Salah satunya, mengumumkan kepada masyarakat agar menyaksikan dari rumah.

“Untuk menghindari penularan Covid-19, masyarakat menonton dari rumah saja,” ujar Danny.

Di sisi lain, Danny menilai keputusan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menggelar pelantikan secara tatap muka di Kantor Gubernur Sulsel sangat tepat. “Bahkan ini baik sekali, kesakralan pelantikan itu luar biasa sekali, kalau virtual jadi kurang,” kata Danny Pomanto.