oleh

Mudahkan Belajar Daring di Lokasi Gempa, FTI UMI Rakit Antena Sinyal dan Akses Internet

Editor : Armansyah, Penulis : Hikmah-Berita, Edukasi, Kampus-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Tim Relawan dan Bantuan Kemanusiaan Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menyalurkan bantuan 2 unit akses point dan antene penguat sinyal ke Majene Sulawesi Barat.

Bantuan tersebut didedikasikan oleh Forum Komunikasi Organisasi Masyarakat Indonesia (FORKOMASI) Korea Selatan dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) se Sulawesi Tengah.

Dekan FTI UMI Makassar, Zakir Sabara menjelaskan, akses poin dan antene penguat sinyal ini dirakit oleh tim relawan mahasiswa untuk membantu siswa siswi di lokasi pengungsian gempa Majene, agar terap bisa melakukan sekolah daring, sedang alat disiapkan oleh FORKOMASI Korea Selatan dan KPU seSulsel.

“Diharapkan akses poin dan penguat sinyal ini bisa membuka isolasi komunikasi yang selama ini terjadi di dua lokasi selter pengungsi tersebut yakni di Dusun Tamarimbi dan Dusun Kabiraan, Desa Kabiraan, Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene Sulawesi Barat,” kata Zakir, Rabu (24/2).

Lebih jauh, Zakir menjelaskan, akses poin dan antene penguat ini terdiri dari beberapa komponen yang diklaim mampu mengalirkan signal komunikasi yang baik bagi warga Sulbar.

“Antara lain 1 set penguat sinya tenaga surya, Repiter sebagai penangkap jaringan, Modem Telkomsel Orbit sebagai penyedia layanan internet gratis, Wireless outdoor sebagai access Point penyebar sinyal wifi dari medem, dengan jarak jangkauan 10 KM,” jelasnya.

Tak hanya itu, siswa juga bisa mendapatkan layanan wifi internet gratis selama melakukan proses belajar mengajar via daring ditengah pandemi covid-19. Alat ini juga dilengkapi dengan colokan listrik.

“Satu set antena portable, Panel surya kapasitas 100 watt sebagai penyedia power untuk Repiter dan wireless outdor serta bisa untuk charger handphone,” terangnya.