oleh

Perbaikan Ekonomi, BI Turunkan Suku Bunga Paling Rendah

Editor : Armansyah, Penulis : Hikmah-Berita, Ekobis, Keuangan-
MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Bank Indonesia tengah berupaya memperbaiki kondisi ekonomi ditengah pandemi. Salah satunya, BI kembali menurunkan suku bunga Reverse Repo Rate sebesar 25 bps menjadi 3,50 persen, suku bunga Deposit Pacility sebesar 2,75 persen dan suku bunga Lending Pacility sebesar 4,25 persen.
Kepala BI Perwakilan Sulsel, Budi Hanotk mengatakan, penurunan suku bunga tersebut menjadi yang terendah selama ini. Itu, didasarkan pada analisis ekonomi dimana selama ini nilai tukar stabil, inflasi terkendali dan aman sesuai sasaran.
“Nilai tukar juga masih sesuai fundamental ekonomi sehingga BI mengambil langkah kebijakan tersebut. Sehingga dalam situasi sekarang dimana pertumbuhan ekonomi tidak maksimal, maka suku bunga diturunkan,” ujar Budi Hanoto, Kamis (25/2).
Adapun fokus kebijakan tersebut, Kata Budi,  penurunan suku bunga banyak jenis. Misalnya, kebijakan stabilitas nilai tukar rupiah, penguatan strategi moneter, pelonggaran uang muka atau kredit kendaraan bermotor hingga 0 persen.
Kemudian, pelonggaran kredit properti paling tinggi 100 persen, pelonggaran transmisi suku bunga dasar untuk kredit perbankan, memberi fasilitas promosi perdagangan dan investasi pada sektor produktif seperti sektor pariwisata serta mendukung ekonomi dan keuangan digital yang mulai berlaku di awal Maret.
“Sektor properti dan otomotif menjadi fokus kebijakan penurunan suku bunga ini arena konsumsi untuk masyarakat menengah ke bawah sudah diurus pemerintah,” ucapnya.
Maka, sambung Budi, kebijakan dihadirkan untuk masyarakat menengah ke atas. Tujuannya membangun konfidensi agar kalangan tersebut percaya untuk berbelanja sehingga konsumsi rumah tangga juga ikut meningkat.