oleh

Adnan Punya Mimpi Jadikan Gowa Kabupaten Terbaik di Sulsel

Editor : Lukman Maddu-Wawancara-

BACAPESAN.COM – DI periode kedua, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan SH MH, masih memprioritaskan pembangunan di butta bersejarah ini pada bidang Pendidikan, Kesehatan, Keagamaan, Infrastruktur, Pertanian dan UMKM. Lalu langkah-langkah apa yang akan dilakukan nanti.

Berikut petikan wawancara khusus Adnan Purichta Ichsan yang juga ketua PMI Sulsel:

Salah satu program unggulan Anda adalah bidang pendidikan. Bagaimana ada melihatnya sebagai upaya dalam peningkatan sumber daya manusia?

Memang untuk bidang Pendidikan masih selalu menjadi prioritas utama untuk kita kerjakan nantinya, mengingat bidang ini bertumpu pada bagaimana membangun sumber daya manusia yang lebih baik di masa yang akan datang, untuk anak cucu dan keponakan kita, yang hidupnya harus lebih baik dibandingkan yang kita rasakan hari ini. Seluruh program pendidikan yang telah berjalan kita akan lanjutkan akan kita tingkatkan lagi.

Lalu adakah yang baru dari program ini?

Kalau yang terbaru dalam program pendidikan, kita akan berikan kesempatan kepada anak-anak berprestasi yang ada di desa, anak-anak berprestasi yang ada di Kelurahan untuk bisa berkuliah di universitas terbaik yang ada di Makassar seperti Unhas, UNM dan lain-lain yang seluruh biayanya akan ditanggung oleh pemerintah Kabupaten Gowa.

Terus dananya dari mana?

Ini akan kita kerjasamakan dengan para Lurah dan kepala desa yang ada di wilayah kabupaten Gowa. Saat ini kita sudah mengirim 90 orang anak-anak berprestasi untuk berkuliah di universitas terbaik yang ada di Indonesia. Insya Allah semakin banyak yang kita kirim semakin mempercepat kita membangun sumber daya manusia yang lebih baik di masa yang akan datang.

Kita melihat bahwa kesehatan juga bagian penting dalam membangun sebuah daerah. Bagaimana menurut Anda?

Pada periode pertama kami, seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Gowa kita telah jadikan Puskesmas rawat inap atau perawatan dan sekarang kita lagi menuntaskan pembangunan rumah sakit umum Daerah Syekh Yusuf setinggi 7 lantai dengan kapasitas 400 tempat tidur di dalamnya.

Apakah pada periode ini akan lebih ditingkatkan lagi?

Iya memang benar, pada periode akan datang kami akan tingkatkan kapasitas dan fasilitas seluruh Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Gowa, utamanya peningkatan kapasitas gedung dan jumlah tempat tidurnya, fasilitas berkaitan dengan peningkatan fasilitas alat kesehatan dan laboratoriumnya. Sehingga pelayanan kesehatan itu lebih kita dekat kan lagi kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada. Kemudian kami akan membangun 1 rumah sakit baru yaitu Rumah Sakit Pratama sebagai penyangga dari rumah sakit umum daerah syekh Yusuf.