oleh

52 UMKM Tampil di Pekan Karya Kreatif Indonesia

Editor : Armansyah, Penulis : Hikmah-Berita, Bisnis, Ekobis-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Sebanyak 52 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) se Sulawesi Selatan mengikuti pekan Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang digelar Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (3/3).

Tahun ini, kegiatan yang bertujuan membangkitkan kembali geliat UMKM ini di gelar Bank Indonesia dengan tema ‘Majic (Maju di Jaman Pandemoc)’ di Trans Studio Mall Makassar (TSM).

Wakil Ketua Harian Dekranasda Provinsi Sulsel, Sri Rejeki dalam sambutannya mengatakan saat ini UMKM di Sulsel memiliki banyak kreatifitas yang mampu menghadirkan produk unggul. Sehingga hadirnya event ini bisa menjadi wadah pembinaan dan pengembangan UMKM agar lebih maju.

“Kegiatan yang dilaksanakan hari ini sebagai tanggapan dan solusi ditengah situasi pandemi. Dalam kegiatan ini pula UMKM akan dibantu dan di fasilitasi. Diharapkan kegiatan yang disupport BI ini dapat terus berkelanjutan,” ujar Sri.

Terpisah, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Budi Hanoto membenarkan pentingnya peran UMKM. Olehnya, BI mendukung UMKM sepenuhnya lewat event ini.

“Ini merupakan event pemerintah yang penyelenggaraannya bergiliran. Pada kegiatan ini, 52 UMKM premium baik binaan BI, Dekranasda, Dekranasda Sulsel, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Perindustrian dan Perbankan ditampilkan di event ini” ujar Budi.

Selain pameran, dalam event ini pula para UMKM diberi banyak pengetahuan termasuk transaksi digital. “Dalam situasi sekarang ini, experience digital harus dilakukan sehingga UMKM dapat memanfaatkan kemajuan teknologi setiap harinya. Nantinya akan ada pelatihan onboarding bagi UMKM seperti penggunaan QRIS,” tutupnya.