oleh

Progres Pembangunan MNP Tahap Lanjutan Capai 60,70 Persen

Editor : Armansyah, Penulis : Hikmah-Berita, Ekobis-
MAKASSAR, BACAPESAN.COM – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) telah merampungkan pembangunan Makassar New Port (MNP) hingga 66, 70 persen hingga awal maret 2021. Proyek ini merupakan pembangunan tahap lanjutan yang dikerjakan pada periode 2019 hingga 2020.
Senior Manager Fasilitas Pelabuhan PT Pelindo IV, Arwin mengatakan, progres pembangunan telah mencapai 66,70 persen. Saat ini pihaknya tengah menyelesaikan empat proses pekerjaan yakni bore pile dan secant pile, produksi beton precast, instal beton precast dan pengecoran beton insitu.
Makassar New Port adalah salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dibangun dan akan menjadi pelabuhan terbesar di Kawasan Timur Indonesia untuk semakin memperlancar arus logistik barang di kawasan ini.
“Pada 2 November 2018, pembangunan MNP Tahap 1 A sudah rampung 100 persen. Hingga 1 Maret 2021, untuk yang 1 B dan 1 C progresnya sudah mencapai 66,70 persen,” jelas Arwin, Jumat (5/3)
Terpisah, Direktur Utama PT Pelindo IV, Prasetyadi berharap progres pengerjaan MNP ini sesuai dengan kontrak dan akan selesai atau rampung pada 2024 mendatang. “Jadi kita masih butuh waktu 2 hingga 3 tahun ke depan untuk penyelesaian secara ultimate,” kata Prasetyadi.
Prasetyadi mengatakan, nantinya di MNP akan ada kawasan industri yang terintegrasi dengan pelabuhan. Kedepan, MNP akan menjadi integrated port.
“Di mana pelabuhan dengan kawasan industri akan menyatu, sehingga nanti seluruh biaya yang terkait dengan barang logistik bisa ditekan lebih rendah karena barang yang keluar dari pabrik bisa langsung masuk pelabuhan, tidak perlu keluar lagi lewat jalan yang di luar pelabuhan,” bebernya.