oleh

Forum Pinisi Sultan Buka Gerbang Investasi Di Sulsel

Armansyah and Hikmah-Berita, Ekobis-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Forum Percepatan Investasi, Perdagangan, dan Pariwisata Sulawesi Selatan atau Pinisi Sultan dinilai mampu membuka gerbang investasi yang lebih luas lagi di Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini dihelat di Four Point by Sheraton, Jalan Andi Djemma, Senin (8/3). Forum tersebut menjadi jawaban di tengah menurunnya tren realisasi penanaman modal asing (PMA) selama lima tahun terakhir.

Melalui kegiatan ini pula, penjajakan potensi investasi baru mulai dilakukan. Terutama karena tren penanaman modal dalam negeri (PMDN) cenderung meningkat.

Kepala Kantor Bank Indonesia Sulawesi Selatan,  Budi Honoto menjelaskan kehadiran forum ini menjadi wadah dimana setiap kabupaten dan kota mendapat kesempatan mengajukan proyek yang dinilai strategis.

“Nantinya, muncullah suatu prioritas program yang bisa mendatangkan investor yang nantinya bisa menjadi program bersama untuk tahun 2021 ini. katakanlah di Kabupaten Jeneponto ada proyek apa, BI memediasikan antara yang di daerah dan investor dari luar,” ujar Budi.

Sementara, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan salah satu upaya yang digaungkan dalam forum ini yakni menggalakkan upgrading masyarakat termasuk produk UKM.

“Bagaimana packeging tentang produk kita, kemudian standarisasi sehingga mereka bisa masuk yang tadinya berputar putar di lokal kemudian bisa masuk di market-market place nantinya,” ucap Andi Sudirman Sulaiman.

Selanjutnya kata dia, diperlukan sinergitas dalam upaya mendorong kemajuan pertumbuhan ekonomi. Salah satunya, tidak memangkas anggaran yang berdampak pada sistem pertumbuhan dan penuntasan kemiskinan.

“Kemudian, nagaiman dana desa dan sebagainya bisa disalurkan pada kegiatan padat harian pedesaan. Karena jujur, kita melihat perkembangan ekonomi ternyata banyak juga dari pedesaan terhantam selain ekspor impor,” tambahnya.