oleh

OJK-IJK Salurkan Bantuan Rp1,7 Miliar ke Sulbar

Editor : Armansyah-Berita, Sulbar-

MAMUJU, BACAPESAN.COM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Industri Jasa Keuangan (IJK) menyalurkan bantuan Rp1,7 miliar untuk korban terdampak gempa di Sulbar. Penyerahan ini dilaksanakan melalui vidcon di Rujab Gubernur Sulbar, Sabtu (6/3) kemarin.

Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Kepala OJK Sulampua, Nurdin Subendi, ke Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar.

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar mengatakan, pihaknya mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasi atas bantuan sosial yang diberikan. Baik dalam bentuk uang maupun dalam bentuk barang dari OJK.

“Insyaallah bantuan ini akan kami gunakan untuk masyarakat Sulbar terdapak gempa,”kata Ali Baal, Senin (8/3).

Ali Baal menuturkan, sejak penetapan tanggap darurat pada 15 Januari hingga 5 Februari 2021 kondisi infrastruktur dan fasilitas umum rusak parah mengakibatkan kegiatan perekonomian, dunia usaha dan perbankan berhenti total.

Masalah pengungsian, logistik dan perumahan untuk masyarakat yang terdampak, pemerintah daerah bekerjasama dengan TNI, Polri dan relawan yang datang dari berbagai daerah di Indonesia melakukan pembenahan. Terutama, penanganan tenda-tenda pengungsian, penyediaan logistik, pelayanan kesehatan dan pencarian serta penyelamatan korban gempa, tanah longsor dan banjir.

Lebih lanjut, Ali Baal menyampaikan, saat ini pemerintah daerah telah melakukan pemulihan roda perekonomian, yakni dengan memastikan sarana perekonomian berupa pasar, minimarket, rumah makan, hotel dan perbankan sudah berjalan.

Kemudian, pengembalian layanan pemerintahan serta dapat memastikan jalannya layanan pemerintah melalui OPD, baik di tingkat provinsi, kabupaten Majene dan Mamuju dengan mempertimbangkan kondisi bangunan yang ada.

Pengembalian operasional fasilitas umum dan fasilitas sosial dengan memastikan sudah beroperasinya penerangan listrik, SPBU, air bersih, sarana transportasi, sarana kesehatan dan tempat-tempat ibadah.

“Kondisi di Kabupaten Majene dan Mamuju sudah berjalan normal,”katanya.