oleh

Tingkatkan Mutu dan Kualitas, FKIP UIM Gelar Kuliah Pakar

Armansyah-Berita-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Makassar (FKIP UIM) menggelar kuliah pakar secara daring melalui aplikasi zoom, live medsos di facebook dan yutube, Selasa (9/3).

Kuliah pakar yang bertajuk ‘Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi: Kajian Cara Malaysia Menghadapi Perubahan’ diikuti ribuan peserta baik dari dalam maupun luar Indonesia.

Dekan FKIP UIM, Badruddin Kaddas mengatakan pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal dalam tatanan kehidupan manusia. Hampir semua aktivitas terpusat di rumah. Termasuk aktivitas belajar mengajar.

Hal itu pula yang dirasakan FKIP UIM. Akan tetapi berkat pembelajaran sebelum pandemi yang telah mengkolaborasi sistem pembelajaran daring dan luring, FKIP UIM mampu melakukan pembelajaran yang adaptif dan fleksibel.

“Kita dapat meyesuaikan dengan perkembangan zaman yang semakin pesat tanpa keluar dari tujuan dalam menghasilkan lulusan sesuai capaian pembelajaran yang telah ditentukan,” kata Badruddin.

Guna mencapai target, FKIP UIM terus berbenah dan mengembangkan diri dengan melakukan berbagai macam program atau kegiatan dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

Tentunya dengan berorientasi pada pencapaian indikator kinerja utama (IKU) sesuai Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 754/P/2020 tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kata dia, kuliah pakar ini sebagai salah satu upaya FKIP UIM untuk melaksanakan tri dharma sesuai indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi minimal untuk memenuhi IKU I tentang kesiapan kerja lulusan dan IKU 7 tentang pembelajaran kelas.

“Setelah mengetahui inovasi pembelajaran pada masa pandemi di Malaysia, kita dapat memperoleh ide-ide baru yang cemerlang sebagai solusi terbaik yang dapat bermanfaat dan berkontribusi positif bagi peserta didik, tenaga kependidikan, dan peserta didik di seluruh Indonesia, khususnya Sulsel,” ungkap dia.

Sedangkan, Rektor UIM, Majda M Zain sangat mengapresiasi kuliah pakar yang dilaksanakan FKIP UIM dan berharap fakultas lain itu termotivasi melaksanakan kegiatan seperti ini.

“Saya sangat bangga dan mengapresiasi berbagai kegiatan, terobosan dan capaian yang telah diraih FKIP,” ucap Majda M Zain.

Dia berharap FKIP UIM tetap mengembangkan diri untuk memberikan kontribusi untuk memajukan mutu dan kualitas pendidikan di UIM.

“Juga menjadikan UIM sebagai kampus terkemuka di kawasan timur Indonesia dan sangat berharap ke depan FKIP UIM bisa lebih banyak lagi prestasi yang akan diperoleh,” ujar dia.