oleh

Bupati Enrekang Pimpin Rapat Forum Lintas Perangkat Daerah, Bahas RPJP Daerah

Armansyah and Qurniawan-Berita, Daerah, Enrekang-
ENREKANG, BACAPESAN.COM – Bupati Enrekang Muslimin Bando memimpin rapat forum lintas perangkat daerah, Rabu (10/3). Bupati memimpin rapat dari Mitra Farm Kawasan Industri Maiwa (KIWA) secara virtual.
Turut hadir Wakil Bupati Asman SE, Ketua DPRD Enrekang Idris Sadik, serta para pimpinan OPD dan camat. Rapat membahas percepatan usulan Rencana Program Jangka Panjang (RPJP) Daerah.
Muslimin Bando memaparkan sejumlah poin penting pada rapat itu. Diantaranya, mengenai usulan RPJP dan memerintahkan OPD menyiapkan dokumen rencana kerja.
“Sejauh ini kita telah menerima 5475 usulan rencana program, dari OPD dan termasuk DPRD,” kata MB–akronim namanya.
MB juga menyinggung tentang Maklumat Bersama Forkopimda tentang penanganan Covid-19. Enrekang, kata MB, masih berstatus zona kuning. Ia menginstruksikan agar seluruh OPD, kecamatan, kelurahan dan desa membantu sosialisasi maklumat tersebut.
“Harapannya agar kita segera berada di zona hijau. Tegakkan maklumat, namun secara humanis. Sambil memastikan aktivitas perekonomian berputar dengan tetap menerapkan prokes dan mematuhi 3M,” tegasnya.
Ia juga menantang para kepala OPD agar tidak hanya bertumpu pada APBD. Mereka diharapkan bekerjasama, sigap dan kreatif mencari sumber pendanaan lain.
“Cari sumber pendanaan yang bisa membantu keuangan daerah, seperti di tingkat kementrian dan sektor lain,” ujarnya.
Selanjutnya, proyek yang bersumber dari anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akan segera direalisasikan. Bupati meminta penggunaan PEN bersama-sama diawasi.
“Yang tak kalah penting, kami menyampaikan apresiasi khusus untuk kejaksaan, kepolisian dan DPRD yang menjadi mitra kita dan mengawasi program-program pembangunan sehingga berjalan lancar dan terhindar dari pelanggaran hukum,” tutupnya.