oleh

Fraksi DPRD Apresiasi Tanggapan Wali Kota Parepare Terhadap Ranperda PLPB

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – DPRD Parepare menggelar rapat paripurna dalam agenda, tanggapan fraksi-fraksi terhadap pendapat Walikota tentang rancangan Ranperda inisiatif DPRD mengenai Perlindungan Lahan Pertanian Berkelanjutan.

Kegiatan dibuka oleh Ketua DPRD Parepare, Andi Nurhatina Tipu didampingi Wakil Ketua I Tasming Hamid dan Wakil Ketua II Rahmat Sjamsu Alam, Jumat, (12/3/2021).

Hadir mendengarkan tanggapan fraksi-fraksi Wakil Wali Kota Parepare Pangerang Rahim mewakili Walikota, Sekda Iwan Asaad, para pimpinan SKPD, Camat, Lurah, serta para anggota DPRD.

Diawali dengan tanggapan fraksi Bintang Demokrasi yang disampaikan jubir, Rudy Najamuddin. Menurutnya, perlu dilakukan penataan kepemilikan untuk mempertahankan perlindungan lahan pangan berkelanjutan.

Selanjutnya, fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) disampaikan Kaharuddin Kadir. “Pendapat dalam sambutan walikota tentang ranperda ini kiranya melibatkan stake holder dan itu sejalan dengan apa yang kami harapkan. Diperlukan pengkajian lebih dalam dan diperlukan tenaga ahli, asas pembentukan perundang-undangan, memperkaya materi dan kearifan lokal, ketegasan fungsi lahan dalam izin lahan pertanian, pembinaan dan perlindungan setiap orang,” ucap Kahar.

Fraksi Nasdem disampaikan Asmawati. Fraksi NasDem memberi apresiasi atas pendapat walikota terhadap ranperda tersebut.

“Apa yg tergambar dalam sambutan walikota menggambarkan bahwa walikota mendukung ranperda ini. Meski demikian agar kiranya memperhatikan ranperda agar tidak bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi,” ucap Asmawati.

Berikutnya, fraksi Demokrat disampaikan Bambang Nasir juga sepakat dengan pendapat walikota dalam pembahasan rancangan ranperda perlindungan pangan yang melibatkan stake holder terkait.

Fraksi Amanat Kebangkitan Rakyat Indonesia, disampaikan Juandi Suanda. Ia menyampaikan terima kasih kepada walikota tentang rancangan ranperda perlindungan lahan pangan berkelanjutan untuk dibahas. Sepakat juga dengan walikota agar melibatkan pihak lain untuk memperkaya penguatan Ranperda, juga meminta pada pembahasan selanjutnya agar SKPD terkait dapat membantu karena lebih memahami kondisi lahan pertanian pangan di Parepare.

Terakhir, fraksi Gerakan Indonesia Raya disampaikan Andi Amir Mahmud, juga sependapat dengan walikota agar ranperda perlindungan lahan pangan berkelanjutan dibahas bersama stakeholder terkait.

Setelah disepakati, DPRD Parepare melanjutkan dengan melakukan pembentukan pansus dalam membahas Ranperda lebih lanjut.
(***)