oleh

Berdampak Positif, Pelatihan Pramuka Kosongkan Sel Merah Rutan Kelas I Makassar

admin 1 and Hikmah-Berita, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Ekstrakurikuler berupa pembinaan Pramuka kepada ratusan warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) kelas I Makassar membawa dampak positif.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Rutan Kelas I Makassar, Sulistyadi saat ditemui dalam kegiatan Pelatihan dan Pengukuhan Pengurus Pramuka Gudep, 08.131-08.132 Pangkalan Rutan Kelas I Makassar yang digelar Kamis (25/03/2021).

Menurut dia, sejak pembinaan Pramuka ini diberikan kepada warga binaan, sel merah yang biasanya dijadikan tempat memberikan sanksi terhadap pelanggaran yang dilakukan warga binaan beberapa minggu belakangan tak pernah terisi.

“Pengaruh pelatihan pramuka ini sangat positif, tidak ada lagi warga binaan yang mengisi sel merah beberapa hari belakangan,” ujar Sulistyadi.

Memang kata dia, pelatihan Pramuka ini dikhususkan untuk anak anak muda usia belasan tahun hingga dua puluhan.

“Program ini kita peruntukkan untuk warga binaan yang masih mudah, masih banyak diantara mereka yang sebelumnya bahkan belum mendapatkan pembinaan Pramuka di sekolah,” ujarnya.

Lebih jauh, Sulistyadi berharap tujuan dari keikut sertaan warga binaan dalam acara postif seperti ini adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga nantinya warga binaan yang keluar dari Rutan mampu bertahan dan memiliki keterampilan.

“Ayo kita optimalkan kegiatan ini sehingga nantinya warga binaan bisa menjadi masyarakat yang siap ikut membangun negara RI ini dengan jiwa solidaritas dan jiwa patriotisme yang bisa tumbuh,”harapnya.