oleh

IPIM Sulsel Fasilitasi Imam Masjid Ramai-ramai Ikut Vaksin

admin 1-Berita, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – H Jurlan Em Saho’as, salah satu pengurus IPIM ikut vaksin Covid-19 Rabu (24/3/2021), di Pos Vaksinasi Direktorat Poltekkes Makassar Jalan Wijaya Kusuma Banta-Bantaeng.

Puluhan imam masjid yang tergabung dalam Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) beramai-ramai mengikuti vaksin Covid-19 dipimpin langsung Ketua Umum IPIM Sulsel, Drs. KH. Masykur Yusuf,M.Ag., Rabu (25/3/2021), di Pos Vaksinasi Covid-19 Direktorat Poltek Kesehatan Makassar Jalan Wijaya Kusuma Banta-Bantaeng.

Ada sekitar 30-an pengurus dan anggota IPIM yang ikut vaksin dosis pertama tersebut, diantaranya terlihat H. M Syakir Syam, LC (Imam Masjid Asyura Ujungpandang Plan), H Jurlan Em Saho’as (IPIM Mks), Harun M. Kahar, Rahmi Dewanti, Ahmad Faiz Nur, H. Awaluddin, Abd Rahim Hafid, Hj Nuraeni, Hj. Lisdamayana, dan Mardiana.

Kepada wartawan media ini KH Masykur Yusuf sesaat setelah divaksin mengatakan, selaku ketua IPIM sengaja mengajak seluruh pengurus dan para imam masjid di daerah ini agar segera melakukan vaksin Covid-19 sebelum bulan suci Ramadhan yang tinggal dua pekan lagi tiba, agar di dalam menjalankan tugas sebagai imam masjid dan sebagai penceramah tarwih nanti betul-betul dalam kondisi meyakinkan terprotek dari penularan virus corona.

“Jadi terutama teman-teman kita yang punya banyak jadwal ceramah di bulan Ramadhan dapat menyiapkan diri secara fisik dan mental dalam menjalankan tugas mulia.

Bahkan ada diantaranya diundang ceramah buka puasa bersama, sehingga aktifitasnya sangat padat dan jangkauannya luas yang tidak menutup kemungkinan masuk di wilayah yang jamaahnya beragam, dan mungkin saja belum mendapatkan vaksin Covid-19,” pinta dosen Universitas Islam Makassar (UIM) Al Gazali yang sudah lama berkiprah sebagai imam Masjid Al Markaz Al Islami Makassar.

Menurut Kiai Masykur, setelah puluhan pengurus dan anggota IPIM tersebut ikut vaksin gelombang pertama rupanya pengurus lain yang belum sempat vaksin kemarin mendesaknya agar segera dibuka gelombang kedua.

“Karena memang tujuannya juga membantu sekaligus memberi dukungan sepenuhnya kepada pemerintah menghambat virus Covid-19 maka sejak kemarin kami sudah mendata pengurus dan imam masjid untuk ikut pada gelombang kedua nanti.

Sudah ada sekitar 70-an orang sudah siap vaksin, hanya jadwalnya kami akan konsultasikan terlebih dahulu kepada petugas Tim Posko Penanggulangan.

Yang jelas IPIM siap memnfasilitasi teman-teman imam masjid, terutama di Kota Makassar,” ungkap Kiai Masykur.
Diakui KH Masykur, vaksinasi Covid-19 memang merupakan sebuah kewajiban, juga sebagai ikhtiar manusia dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

Menurutnya, dampak Covid-19 sangat dirasakan untuk kehidupan manusia, seperti pelaksanaan kegiatan keagamaan yang terganggu, termasuk juga aktivitas ekonomi bisnis dan sosial.
“Bahkan jutaan jiwa manusia telah menjadi korban dari Covid-19.

Oleh karenanya atas dasar dan pertimbangan memelihara jiwa, kesehatan dan maslahah baik dari aspek keagamaan maupun kebangsaan, menjaga kekebalan tubuh atau vaksinasi adalah sebuah kewajiban. Apalagi kalau sudah ada ajakan dari institusi negara, dan Fatwa dari MUI dan Ormas Keagamaan seperti NU dan Muhammadiyah” tegasnya.

Terkait dengan kegiatan IPIM menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, Kiai Masykur menyebutkan sejumlah kegiatan yang sudah dan sementara digelar, diantaranya pelatihan murattil Qur’an yang bertujuan memberi bimbingan kepada imam masjid di seluruh kabupaten di Sulsel lewat virtual.

Materinya dibimbing langsung dewan pembina IPIM KH Syam Amir, MA. yang meliputi beragam lagu yang digunakan saat menjadi imam shalat jamaah (termasuk tarwih dan shalat Id) dan ketepatan menyebut huruf dan harakat dari ayat-ayat yang dibaca. (*)