oleh

Bom Katedral di Makassar, Ketua ASITA Sulsel : Pariwisata Sudah Jatuh Tertimpah Tangga

Editor : Armansyah, Penulis : Hikmah-Berita, Ekobis-
MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Bom Gereja Katedral Makassar, Minggu (28/3) kemarin dinilai bakal berimbas pada dunia pariwisata Sulawesi Selatan. Kejadian ini bahkan menjadi pukulan telak bagi industri yang mengalami guncangan hebat sejak pandemi merebak 2020 silam.
Belum pulih, kehadiran insiden yang menewaskan beberapa orang ini dinilai menutup minat wisatawan nasional apalagi mancanegara yang memang sudah nihil jumlahnya sejak tahun lalu.
Ketua Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA)  Sulsel, Didi L Manaba mengatakan insiden ini bak pepatah bagi dunia pariwisata.
“Jangankan menguras jumlah wisatawan, ini saja belum ada wisatawan sama sekali. Jadi istilahnya sudah jatuh, tertimpa tangga pula,” ujar Didi, Selasa (30/3).
Lebih jauh peristiwa ini dianggap sebagai isu keamanan yang paling rentan pengaruhnya terhadap dunia pariwisata. “Saat kita mulai bangkit untuk menyambut wisatawan dari luar maupun domestik  peristiwa ini tiba tiba terjadi,” bebernya.
Didi prediksi pariwisata tidak lantas pulih atas kejadian ini. “Pulihnya bisa tahun ini bisa tahun depan. Intinya kita semua tetap harus Optimis saja, tetap Doa dan soal pemulihan biarkan berjalan saja,” sebutnya.