oleh

Plt Gubernur Siap Kawal Proyek Makassar Outer Ring Road

Armansyah-Berita, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Usulan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk membangun jalan tol lingkar luar atau outer ring road di Makassar sudah digodok pemerintah pusat.

Kata Andi Sudirman, pemerintah pusat sedang menyiapkan perencanaan pembangunannya. Dalam waktu dekat, jalan tol atas laut tersebut akan dibangun di Makassar.

“Kita sudah usulkan ke pusat dan katanya progresnya sudah mulai ada perencanaan untuk percepatan perencanaannya. Jadi kita sudah usulkan ke presiden sudah ada turun perintahnya ke bawah,” ucap Andi Sudirman, Rabu (31/3).

Kata Andi Sudirman kehadiran jalan outer ring road tersebut sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Infrastruktur ini nantinya akan terkoneksi dengan Makassar New Port (MNP).

“Outer ring road itu penting. Tidak boleh lewat kota lagi. Bahaya, kalau lewat kota, truk-truk kontainer besar nggak mungkin,” ucapnya.

Soal kebutuhan lahan, Andi Sudirman belum bisa memastikan, hanya saja jalan tol outer ring road tersebut kemungkinan dibangun diatas laut atau diwilayah pesisir.

“Saya tidak tahu (anggaran dan lahan) karena estimasi dari pusat untuk itu, karena DED nanti dan pelaksanaanya dari pusat,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danang Parikesit mengatakan, pihaknya masih menunggu surat resmi dari Pemerintah Kota Makassar terkait perencanaan tersebut.

“Menunggu surat resmi dari pak walikota,” tulis Danang melalui pesan WhatsApp.

Sebelumnya, Danang mengungkapkan akan fokus pada pembangunan tol eksisting Makassar New Port (MNP). Pemerintah pusat melalui kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memulai pembangunannya tahun ini.

“Habis ini (tol layang) kita akan ke tol MNP. Sudah bisa dikerjakan tahun ini, mungkin kuartal II atau III kita akan mulai,” beber Danang beberapa waktu lalu.

Anggaran yang dibutuhkan untuk menyelesaikan konstruksi tol MNP sekira Rp500 miliar.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono juga menegaskan akan memprioritaskan tol menunju MNP sepanjang 1 km. Memang ada banyak usulan dari pemprov Sulsel termasuk tol Mamminasata, tol menuju pantai Losari, dan tol pantai selatan (Makassar-Bulukumba).

Hanya saja, pihaknya akan memfokuskan akses ke MNP dulu, mengingat tol tersebut akan digunakan dalam kegiatan perekonomian, misalnya distribusi barang.

“Yang utama yang akan kita sambungkan ke newport 1 km, mudah-mudahan kuartal ketiga bisa dimulai karena suudah ada jaringan jalannnya. Kalau Mamminasata sedang kita carikan loannya untuk bisa dibangun, sedang diproses. Kalau loan biasanya satu tahun, mudah-mudahan bisa tahun depan,” tuturnya