oleh

Plt Gubernur Sulsel Desak PUPR Percepat Proyek PEN

Armansyah-Berita, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sulsel untuk mempercepat proyek yang masuk dalam kegiatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Proyek yang dimaksud ialah Pembangunan infrastruktur irigasi Provinsi, pengembangan, pengelolaan, dan konservasi sungai, danau dan sumber daya air lainnya, reservasi jalan provinsi, pembangunan jalan dan jembatan provinsi, penyediaan instalasi irigasi tetes di Takalar, serta pembangunan gedung RS Regional Bone.

“Kita minta dipercepat pembangunannya supaya anggaran PEN bisa terserap,” ucap Andi Sudirman Sulaiman di Kantor DPRD Sulsel, Selasa (30/3).

Terkait pelunasan atau pembayarannya, Sudirman mengaku sudah disiapkan oleh Pemprov Sulsel. Hanya saja menunggu anggaran yang sudah tercairkan terserap sepenuhnya.

“Justru kita tunggu prosesnya, kalau progresnya sudah jalan, dananya sudah ada (pembayaran),” terangnya.

Terpisah, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sulsel, Muhammad Rasyid mengatakan, pada tahun 2020 lalu, Pemprov Sulsel mendapat pinjaman PEN dari PT Sarana Muliti Infrastruktur (SMI) sebanyak Rp1,338 triliun.

Pencairannya dilakukan secara bertahap, dimana pada tahap satu, PT SMI telah mencairkan Rp900 miliar. Hanya saja, Rasyid tak membeberkan persentase serapannya, kata dia progresnya sedang berlangsung, pekerjaan konstruksi yang dibiayai dari PEN tersebut masih berproses.

“Masih ada yang belum cair. Kita tunggu dulu ini terealisasi semua,” singkatnya.