oleh

PTUN Menangkan YOSS Sebagai Pengelola Mattoanging

Editor : Armansyah, Penulis : Sugi Hartono-Berita, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Gugatan Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan soal pengelolaan Stadion Mattoangin di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Makassar dengan nomor Perkara dengan Nomor119/G/2019/PTUN.Mks, dikabulkan oleh Majelis Hakim PTUN dan mempunyai kekuatan hukum tetap pada tanggal 11 Mei 2020.

Sidang yang di pimpin oleh Josiano Leo Haliwela dan hakim anggota Yuliant Prajaghupta serta Baharuddin, memenangkan gugatan Yayasan Olah Raga Sulawesi Selatan (YOSS) atas pengelolaan Stadion Mattoanging.

Dalam putusan yang didapatkan oleh Harian Rakyat Sulsel, Hakim PTUN mengabulkan gugatan penggugat (YOSS) dan menyatakan batal Surat Keputusan Tata Usaha Negara berupa : Surat kepada Ketua Umum KONI Sulsel, Nomor 503/6058/B.ASET tanggal 26 Agustus 2019 dan Surat kepada Ketua Umum KONI Sulsel Nomor 1630/VIII2019/B.Aset, tanggal 29 Agustus 2019,

hal: Pencabutan Izin Pengelolaan Stadion Mattoanging, yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah, Dr Abdul Hayat Gani, Msi; dan Keputusan Nomor: 312/SK/VIII/2019 tanggal 30 Agustus 2019 tentang : Pengelolaan Sarana dan Prasarana Olahraga KONI Provinsi Sulawesi Selatan.

Hakim juga memerintahkan kepada Tergugat, untuk mencabut seluruh Surat Keputusan Tata Usaha Negara tersebut.
Praktis dengan adanya putusan hakim tersebut, YOSS dinyatakan tetap berhak dalam pengelolaan Stadion Mattoangin tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel, Raden Febritriyanto mengaku, belum menerima salinan putusan tersebut. “Kami belum terima putusannya,” katanya, Selasa (30/3).

Diketahui, Pemprov Sulsel menunjuk Kejati Sulsel sebagai pengacara dalam menghadapi gugatan YOSS Sulsel tersebut. Raden mengaku, setelah menerima salinan putusan tersebut barulah pihaknya akan memutuskan langkah selanjutnya.

“Kalau sudah kami terima, tentu kita akan pelajari dulu dan mendiskusikannya, baru bisa mengambil keputusan selanjutnya, terkait upaya hukum lainnya,” singkatnya.

Sementara Ketua Harian YOSS, Andi Karim Baso mengatakan, untuk kelanjutan pembangunan stadion merupakan kewenangan Pemprov. Apalagi saat ini Pemkot Makassar juga belum jelas terkait pemberian izinnya.

“Kan pembangunannya kewenangan Pemprov. Soal izin pembangunan juga ada pada Pemkot Makassar. Kalau sudah dibangun, baru lain pembicaraan,” katanya.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Sulsel, Darmawangsyah Muin mengaku, belum bisa memberikan tanggapannya, lantaran dirinya juga belum mendapatkan informasi jika YOSS menang gugatan di PTUN.

“Saya belum tau soal itu,” ucapnya.

Saat diperlihatkan putusan PTUN, Sekretaris Gerindra Sulsel ini hanya menyebutkan akan mempelajari lebih dahulu untuk menentukan kelanjutan pembangunan stadion. “Saya pelajari dulu,” singkatnya.