oleh

SJAM Siap Pasarkan Kendaraan Listrik Yamaha

Editor : Armansyah, Penulis : Hikmah-Berita, Ekobis, Otomotif-
MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Kendaraan listrik diprediksi bakal memenuhi pasar otomotif Indonesia lima tahun ke depan. Ini tercermin dari semakin tingginya minat masyarakat terhadap mobil dengan jenis bahan bakar baru ini.
Membaca pergeseran minat pasar tersebut, PT Suracojaya AbadiMotor (SJAM), Erlangga Robby Tendean selaku main diler Yamaha area Sulsel dan Sulbar mengaku siap untuk memasarkan produk. Itu, jika Yamaha memproduksi kendaraan berbahan bakar listrik.
Menurut Erlangga, pergeseran pasar tersebut tidak menjadi masalah bagi Yamaha, bahkan menjadi peluang besar.
“Terkait pergantian kendaraan listrik,  kami masih menunggu, sama halnya dulu karburator menjadi injeksi dan berubah menjadi blue core. Tetapi, tetap saja ada kolektor kendaraan karburator. Jadi setiap kendaraan memiliki segmen tersendiri, dan jika ada perubahan pasar, produkpun otomatis akan berubah,” jelas Erlangga, Rabu (31/3).
Saat ini, Yamaha dalam tahap perencanaan dan tes kendaraan berbahan bakar listrik. “Sebenarnya Yamaha sudah memiliki kendaraan listrik, modelnya seperti Yamaha Vino,” ujarnya.
Lebih jauh, kata dia, saat ini pihaknya masih menunggu kesiapan dan kebijakan pemerintah terkait aturan kendaraan listrik. Misalnya kebijakan harian dan kebijakan pengisian bahan bakar. Sebab, juga harus dipastikan pengelolaan emisi gas buang atau tidak gas buang hasil pembakaran.
“Kita masih menunggu dan pelajari karena lebih berbahaya pembuangan baterai dari pada gas,” ungkapnya.
Erlangga mengungkapkan pihak Yamaha sangat berhati-hati terkait pengelolaan teknologi dan bahan bakar mobil listrik. Apalagi, harga kendaraan listrik bakal jauh berbeda dengan yang berbahan bakar biasa.
“Kita sebagai sebuah koorporate punya tanggung jawab dalam hal pembuangan bahan bakar apalagi untuk listrik,” jelasnya.