oleh

Pendataan PPKB Dimulai Keluarga Wawali Kota dan Ketua TP PKK

Editor : Kalmasyari-Berita, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Parepare mulai melaksanakan Pendataan Keluarga Tahun 2021 (PK21), Kamis (1/4/2021).

Pada hari pertama, Wakil Wali Kota Parepare Pangerang Rahim, jadi keluarga pertama dilakukan pendataan penduduk, kemudian Ketua TP-PKK, Erna Rasyid Taufan, lanjut ke Ketua DPRD, Nurhatina Tipu.

Pada kesempatan itu, Pangerang Rahim, menyampaikan dukungannya dalam mensukseskan pendataan keluarga, dan mengajak instansi terkait, Camat, Lurah dan masyarakat turut andil.

“Mari bersama mensukseskan pendataan yang dimulai 1 April hingga 31 Mei 2021. Berikan keterangan secara jelas dan akurat, serta tetap patuhi protokol kesehatan dengan 3 M,” katanya.

“Bersama kita sukseksakam pendataan keluarga, karena pendataan adalah rencana awal keluarga dan berencana itu keren,” ajak Pangerang Rahim.

Ketua TP-PKK Parepare, Erna Rasyid Taufan mengatakan, pendataan keluarga tahun 2021 akan melahirkan data basis keluarga by name by adress. Juga menyediakan data dan informasi keluarga yang berisiko stunting

“Saya mengajak masyarakat untuk mensukseskan pendataan keluarga. Mari sambut petugas dengan memberikan data yang benar, akurat dan jelas,” kata Istri Wali Kota Parepare itu.

Senada disampaikan Ketua DPRD Kota Parepare, Nurhatina Tipu. “Mari dukung dan sukseskan pendataan penduduk dengan memberikan data yang jelas dan benar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PPKB Kota Parepare, Halwatia menjelaskan, pendataan keluarga merupakan kegiatan lima tahun BKKBN, namun pemutakhiran dilakukan setiap tahun untuk mendapatkan data keluarga Indonesia.

Hal itu lanjut Halwatia, sesuai dengan undang undang no 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga yang diperkuat dengan peraturan pemerintah no 87 tahun 2014 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, keluarga berencana, dan sisten informasi keluarga.

“Peraturan tersebut mengamanatkan bahwa dalam rangka mendukung penyelenggaraan perkembangan program kependudukan keluarga berencana pembangunan keluarga (KKBPK) diperlukan data dan informasi keluarga yang dikeloloah dengan sistem informasi keluarga (SIGA),” Jelas mantan Kadis Kesehatan itu.

Halwatia menambahkan, pelaksanaan pendataan keluarga ini akan dilakukan hingga 31 mei mendatang. Adapun target pendataan Keluarga untuk Tahun 2021 (PK21) yaitu sebanyak 37ribu lebih jumlah Keluarga.

“Untuk mencapai target itu, telah kami tugaskan 320 orang kader melakukan pendataan di empat Kecamatan di Kota Parepare,” tutupnya
(***)