oleh

Soal Utang Belanja Pemkot Makassar, RTQ Minta Ditelusuri Sebelum Dibayar

Editor : Armansyah-Berita, Politik, Wakil Rakyat-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Berdasarkan catatan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Makassar utang belanja Pemkot mencapai Rp16,06 miliar. Sebelum membayar, Dewan meminta Pemkot Makassar menelusuri terlebih dahulu.

Anggota Komisi A DPRD Kota Makassar, Rachmat Taqwa Quraisy meminta pemerintah kota membentuk tim investigasi untuk menelusuri utang belanja modal yang ditinggalkan penjabat lama. Jangan sampai, pemerintah justru membayar utang belanja modal tidak sesuai dengan regulasi. Rawan terjadi temuan.

“Jadi, utang belanja yang tidak sesuai regulasi mesti dievaluasi dan jangan dibayarkan. Jangan sampai itu menjadi kerugian negara, berdampak hukum kalau kita bayarkan,” tegas RTQ–akronim namanya, Kamis (1/4).

Namun legislator PPP ini berharap pemerintah kota agar tetap memenuhi kewajibannya melunasi utang kepada pihak ketiga yang belum dibayar. Itu pun mesti sesuai regulasi.

“Kalau memang itu utang belum diselesaikan harus dibayat sesuai aturan yang ada,” ungkap dia.

Diketahui, Utang belanja itu merupakan akumulasi pembiayaan belanja modal yang belum dibayarkan selama dua tahun.

Pada 2019, Pemkot Makassar masih memiliki utang sebesar Rp5,18 miliar. Jumlah itu lantas bertambah sebab di 2020 Pemkot Makassar kembali memiliki utang Rp10,97 miliar.