oleh

Pemkot Parepare Sigap Terjunkan TRC dan Tim Validasi BPBD ke Rumah Warga Terkena Angin Kencang

Editor : Kalmasyari-Berita, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Hujan disertai angin kencang yang terjadi pada Jumat, (02/4/2021) dini hari, mengakibatkan sejumlah rumah warga di Kota Parepare rusak. Atap rumah warga beterbangan, hingga pohon tumbang di sejumlah titik. Beruntung, hingga berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa akibat bencana tersebut.

Menyikapi itu, Pemerintah Kota Parepare sigap menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Tim Verifikasi dan Validasi Kerusakan pasca bencana melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Tim berkostum orange yang tersebar di berbagai titik ini beraksi sesuai tupoksi masing-masing. TRC dengan tugasnya menindaklanjuti gangguan-gangguan terhadap fungsi pelayanan umum, seperti mengevakuasi pohon tumbang, dan sejumlah tugas lainnya. Sementara Tim Verifikasi dan Validasi melakukan pendataan secara rinci dan detail terkait kerusakan rumah warga terjangan angin kencang yang terjadi sejak pukul 03.00 dini hari.

“Sebagaimana instruksi Bapak Walikota agar kami siap siaga dan dini hari kami bergerak cepat, dengan mengerahkan TRC dan tim validasi langsung ke lokasi,”ujar Rusli, Kepala Pelaksana BPBD Parepare yang ditemui di lokasi.

Secara teknis, Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Parepare, Nasrullah yang ditemui di salah satu titik dampak angin kencang, di Lamaubeng, Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki menguraikan, pendataan dilakukan untuk memastikan data-data kerusakan akibat bencana.

“Kita bekerja sama dengan pihak kelurahan melakukan pendataan secara real untuk memastikan agar bantuan material dapat secepatnya disalurkan kepada warga yang terkena dampak bencana angin kencang. Kita hitung secara cermat kehilangan dan kerusakan yang terjadi akibat dampak angin kencang,” paparnya.

Bantuan berupa bahan material itu kata dia, akan segera disalurkan agar rumah warga dapat utuh kembali. “Kita proses secepatnya karena pesan Pak Wali yang disampaikan melalui Bapak Kepala Pelaksana BPBD Parepare agar bantuan dapat segera disalurkan. Setelah data rampung, dan memastikan tidak ada warga yang terlewatkan, maka kita langsung serahkan bantuannya,” imbuh Nasrullah.
(***)