oleh

Pembangunan Wisata Dua Pulau Tak Dilanjut

Armansyah-Berita, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sepakat untuk tidak melanjutkan rencana pembangunan wisata kuliner di Pulau Lae-lae dan pengembangan wisata di Pulau Lanjukang.

Plt Kepala Bappelitbangda Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengatakan, tidak ada diskusi terkait pembangunan tempat wisata dan kuliner di dua pulau tersebut, alasannya tidak ada sumber pembiayaan tercantum dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sulsel 2021.

Darmawan mengaku, pembangunan di dua pulau tersebut pernah didengar, hanya saja saat menjabat Plt Bappelitbangda belum ada pembahasan sama sekali terkait itu.
“Bagaimana mau dibahas nah belum ada pembiayannya, (tidak masuk dalam APBD),” ucap Darmawan, Sabtu (3/4).

Darmawan mengaku, perencanaan Pulau Lanjukang dan Lae-lae itu baru konsep, apalagi pelaksanaannya membutuhkan banyak pendukung, misalnya kajian-kajian lingkungan atau analisis dampak lingkungan, sebab dalam perencanaannya ada reklamasi untuk memperluas kawasan tersebut.

Diketahui, Gubernur Sulsel non aktif, Nurdin Abdullah berencana akan menjadikan pulau Lae-lae sebagai wisata kuliner layaknya Jimbaran Bali. Tujuannya untuk menarik wisatawan dan menumbuhkan ekonomi masyarakat pulau.

“Kita jadikan icon baru bagaimana kita menghadirkan tempat sunset, pusat kuliner. Jadi masyarakat bisa menikmati pantai,” papar Nurdin saat masih jabat gubernur.

Sementara Pulau Lanjukang, Nurdin bersama Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin kala itu juga berencana akan menata pulau tersebut dan dijadikan kawasan percontohan pulau di Kota Makassar.