oleh

Polisi Tangkap 16 Terduga Teroris

Editor : Armansyah-Berita, Hukum, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – 16 terduga teroris berhasil diamankan kepolisian pasca kejadian bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar. Semua terduga teroris ini diduga membantu aksi bom bunuh diri pasangan suami-istri (pasutri) L dan YSF di depan Gereja Katedral.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Sulsel, Kombes Pol E Zulpan mengatakan, 16 orang yang ditangkap itu merupakan warga Sulsel dan merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Rinciannya, 12 laki-laki dan 4 orang berjenis perempuan.

Hanya saja Zulpan enggan merincikan siapa saja yang telah diamankan tersebut. Ia mengatakan kasus ini masih dalam pendalaman tim dari Densus 88. “Dan tidak menutup kemungkinan ada penambahan,” katanya.

Zulpan tidak membantah kalau 16 orang ini masih sama dengan 20 orang yang ditangkap di kompleks perumahan Villa Mutiara, Biringkanaya, Makassar, Januari lalu. Dimana dalam penangkapan itu menewaskan dua orang yakni Rizaldi dan Zulfikar.

Kata Zulpan, Rizaldi inilah yang menikahkan kedua pelaku bom bunuh diri sekitar enam bulan yang lalu. Hanya saja YSF, dan 16 orang tersebut tidak ikut tertangkap pada Januari karena tidak terkait langsung dengan perencanaan bom bunuh diri oleh Rizaldi dan Zulfikar.

”Orang-orang yang tidak ikut diamankan ini akhirnya melakukan eksekusi di Katedral,” kata Zulpan.

Dari 16 orang yang ditangkap, lanjut Zulpan, ada yang berperan sebagai motivator radikalisme. Selain itu, ada pula yang bertugas menyiapkan bahan peledak karena memiliki latar belakang pendidikan teknik kimia meski tidak sampai tamat. Sementara sumber pendanaan mereka belum diketahui.

Terbaru