oleh

Respon Cepat Tim SAR Brimob Polda Sulsel Evakuasi Pohon Tumbang

Editor : Armansyah-Berita, Institusi-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Hujan lebat disertai angin kencang melanda sejumlah daerah di Sulsel, Jumat (2/4)kemarin. Dampaknya, listrik padam di beberapa wilayah di Makassar dikarenakan kabel putus tertimpa pohon yang tumbang.

Melihat hal itu, Satuan Brimob Polda Sulsel langsung menerjunkan tim untuk melaksanakan Patroli SAR di wilayah Kota Makassar.

Tim SAR Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel yang dipimpin Aipda Joko Nurseto melaksanakan Patroli di wilayah yang rawan terjadi banjir serta mendatangi lokasi pohon tumbang yang berada di jalan Baruga Raya Antang.

Danyon A SatBrimob Polda Sulsel, AKBP Darminto menyampaikan, tim melakukan evakuasi dan pembersihan pohon tumbang yang menutupi jalan yang dilalui warga sehingga mengganggu aktivitas pengguna jalan.

“Kita ketahui bersama Cuaca saat ini tidak bisa diprediksi, untuk itu atas dasar laporan dari masyarakat dan perintah langsung Dansat Brimob Polda Sulsel untuk bergerak cepat melakukan evakuasi pohon tumbang yang menutupi jalan.” Kata Darminto, Sabtu (3/4).

Darminto menambahkan, tim SAR Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel akan terus merespon cepat setiap musibah dan bencana alam yang terjadi di wilayah kota Makassar itu sebagai wujud dari bhakti Brimob untuk masyarakat.

Terpisah, Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol Muhammad Anis PS mengatakan, untuk menjamin keselamatan masyarakat dari bahaya bencana alam yang kerap terjadi belakangan ini.

“Kami terus menyiagakan unit-unit SAR di seluruh Batalyon dan Detasemen jajaran Satbrimob Polda Sulsel agar mampu memberikan pertolongan cepat ketika terjadi musibah dan bencana alam,” jelasnya.

Evakuasi Pohon Tumbang dilakukan cukup Dramatis mengingat curah hujan juga masih terus mengguyur wilayah tersebut, dengan menggunakan peralatan yang dimiliki oleh Tim SAR Batalyon A Pelopor dan dibantu masyarakat akhirnya Evakuasi Pohon Tumbang bisa selesai dan jalan sudah bisa diakses dan arus lalulintas sudah berjalan dengan Normal.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaannya, karena selain curah hujan yang tinggi, pohon tumbang juga harus diwaspadai”, tambah Dansat Brimob.

Anis—sapaan akrabnya juga menegaskan bahwa Brimob akan selalu hadir untuk membantu masyarakat Sebagai wujud implementasi Bhakti Brimob.

Satuan Brimob Polda Sulsel meningkatkan kewaspadaannya dalam mengantisipasi cuaca ekstrim dengan menyiagakan personelnya yang berkualifikasi SAR di Posko SAR Batalyon A Pelopor.