oleh

Program IUWASH PLUS di Sulsel Resmi Berakhir

Editor : Armansyah, Penulis : Hikmah-Berita, Metro-
MAKASSAR, BACAPESANCOM – program Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene Penyehatan Lingkungan untuk Semua (IUWASH PLUS) yang digagas Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) resmi berakhir.
Sejak digagas, program ini telah berjalan selama lima tahun. Tujuannya meningkatkan akses air minum dan layanan sanitasi aman serta perbaikan perilaku higienis bagi masyarakat miskin dan kelompok rentan di perkotaan utamanya di Kabupaten Barru, Bulukumba, Bantaeng dan Makassar
Direktur Perumahan dan Permukiman Bappenas, Tri Dewi Virgiyanti menjelaskan, program IUWASH PLUS merupakan program jangka menengah yang mendapatkan dana hibah dari USAID dan Sulsel terpilih menjadi salah satu provinsi yang diberikan program tersebut.
“Wewenang layanannya air sanitasi sebagian besar di kabupaten kota. Pendampingan sangat penting dan akan berlanjut dan bisa ke berbagai macam sumber. Meski program ini telah berakhir,  namun ini bukan menjadi titik tertinggi yang kami lakukan. Yang tertinggi adalah memberikan layanan air sanitasi yang aman,” ujar Tri dalam jumpa persnya di Hotel Sheration Makassar, Selasa (6/4).
Terpisah, Kepala Bappeda Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengungkapkan, pihaknya merasa bersyukur dan terbantu akan adanya program ini meski telah berakhir. Agar program ini terus berkelanjutan maka berbagai aspek harus diperhatikan.
“Aspek ini antara lain Sumber Daya Manusia (SDM), pembiayaan, organisasi dan aturan,” ujar Darmawan.