oleh

Bahas Kelayakan Konsumsi Ikan Sapu-sapu, Komisi II DPRD Wajo Berkunjung Ke Unhas Makassar

Editor : Any Ramadhani-Wajo-

WAJO, BACAPESAN.COM – Komisi II DPRD Kabupaten Wajo melakukan kunjungan kerja ke Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Jumat 16 April 2021.

Rombongan Komisi II DPRD Wajo dipimpin wakil ketua Komisi II, Drs H. A. Witman Hamzah, turut mendampingi kepala dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Wajo, Ir. Naspari dan diterima oleh Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan Unhas Makassar, Dr.Ir. Aisyah Farhum, M.Si yang didampingi peneliti, Dr. Kasmiati, Msc, dan sejumlah guru besar Unhas, Dr. Ir, Khusnul Yakin, M.Sc; Prof. Ir. Budimawan, DEA, Dr. Gunarto Latama M.Sc, Dr. Ahmad Faisal, M.Si dan Prof. Andi Iqbal Burhanuddin.

Ketua Komisi II DPRD Wajo, Ir. H. Sudirman Meru, mengatakan, kunjungannya ke Fakultas Kelautan Dan Perikanan Unhas Makassar, untuk membahas hasil kajian dan penelitian tentang kelayakan ikan sapu-sapu Danau Tempe.

“Kami berkunjung ke Unhas untuk mengetahui hasil penelitian, apakah ikan sapu-sapu layak dimakan atau tidak,” ujar Sudirman.

Dari hasil penelitian yang dilakukan Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Unhas Makassar, lanjut Legislator PAN ini, disimpulkan bahwa, ikan sapu-sapu Danau Tempe tidak beracun.

Saat ini, sebut Sudirman, masyarakat beranggapan jika ikan sapu-sapu mengandung racun, sehingga perlu ada edukasi untuk merubah pemahaman tersebut, kandungan logam beratnya masih sangat rendah dibawah ambang batas.

“Justeru pada tulang dan kulitnya mengandung gelating yang dapat berguna untuk tubuh manusia. Jadi Kalau dulu ikan sapu-sapu dianggap masalah, maka pada masa yang akan datang akan menjadi potensi ekonomi bagi masyarakat kabupaten Wajo,” pungkasnya. (*)