oleh

Hadir di Bandara Sultan Hasanuddin, GeNose C19 Hanya Layani 1.700 Penumpang Perhari

Editor : Any Ramadhani, Penulis : Hikmah-Ekobis, Headline, Metro-

MAROS, BACAPESAN.COM – Pemeriksaan GeNose C19 yang merupakan salah satu alat deteksi covid-19 yang digunakan sebagai syarat untuk melakukan perjalanan di Indonesia kini hadir di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Namun demikian, ketersediaan layanan untuk alat tersebut terbatas. Ini diungkapkan General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Wahyudi Jumat (16/4).

Wahyudi mengungkapkan, saat ini Bandara Internasional Sultan Hasanuddin hanya memiliki 10 alat yang disiapkan dimana alat ini dapat melakukan sebanyak 10 hingga 12 pemeriksaan kantung udara yang berisi hembusan napas.

Sedangkan, pergerakan penumpang yang berangkat dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin tercatat rata rata 7.000 penumpang perhari sedang kantong yang disediakan sekitar 20 persen dari penumpang yang berangkat.

“Dengan jumlah alat yang tersedia, maka diperkirakan dapat melayani sekitar 1.700 pemeriksaan, penumpang juga dihimbau untuk datang 4 jam sebelum jadwal keberangkatan,” Ungkap Wahyudi

Lanjut, Wahyudi menjelaskan saat ini alat tersebut berada di area kedatangan dan akan segera dioperasikan untuk  melayani penumpang setiap hari mulai pukul 06.00 – 11.00 WITA dengan tarif yang ditentukan oleh pemerintah yakni sebesar Rp40.000.

Untuk tahap awal kata Wahyudi,  pihaknya telah melakukan simulasi penggunaan GeNose C19, “Simulasi telah dilakukan kemarin, dan kini layanan pemeriksaan GeNose sudah siap digunakan. Pemeriksaan GeNose C19 di bandara hanya untuk penumpang yang memiliki tiket pesawat,” ujar Wahyudi.

Dirinya juga mengimbau agar sebaiknya penumpang tidak mengandalkan layanan pemeriksaan GeNose C19 saja karena keterbatasan jumlah kantong udara.

“Penumpang masih dapat melakukan pemeriksaan Rapid Test Antigen atau PCR Test.  Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi penumpukan antrian pada saat melakukan pemeriksaan GeNose C19,” imbuhnya

Lebih jauh, untuk mempermudah pendaftaran, penumpang dapat mendaftar pada link www.rapid.supports.com atau unduh aplikasi farmalab pada google playstore untuk android. (*)