oleh

Penggunaan Internet Anak Naik Signifikan Berkat Sekolah Daring

Any Ramadhani and Hikmah-Ekobis, Info Seluler-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pasca pemberlakuan sekolah daring non tatap muka sejak Maret 2020 lalu akibat covid 19, pelajar dengan berbagai tingkatan sekolah mau tak mau harus bersekolah secara daring (online).

Meski menuai pro dan kontra, sekolah daring telah berlangsung lebih dari setahun dan saat ini, pemerintah tengah mempersiapkan saya pendidikan untuk kembali menggelar sekolah tatap muka.

Berubahnya sistem pembelajaran tersebut mau tak mau merubah juga kebiasaan berinternet dikalangan anak sekolah. Tentu, hak tersebut menjadikan anak sekolah menjadi mengguna aktif internet dengan durasi dan jumlah penggunaan yang tak bisa dibilang sedikit.

Ditemui pada Bazar food ramadan yang digelar Indosat Ooredoo, Head Of Sales Area Sumapa, Sugiyanto mengakui kenaikan trafik penjualan kuota internet salah satunya disumbang oleh anak sekolah dimana penggunaannya untuk sekolah daring.

Bahkan kata dia, trafik penggunaan data internet naik secara signifikan dan melebihi 50 persen dalam kurun waktu setahun terakhir.

“Trafik penggunaan internet untuk sekolah naik secara signifikan dan kenaikannya melebihi 50 persen,” ujar Sugiyanto, Minggu (18/4).

Selama ini, kata dia, anak sekolah memang menjadi pengguna internet yang aktif, namun penggunaannya masih terbilang minim.

“Dengan adanya kebijakan sekolah online, kenaikan penggunaan internet mereka naik signifikan. Satu hari bisa mencapai 1 GB bahkan lebih,” pungkasnya.

Untuk itu, Sugiyanto mengatakan pihaknya menghadirkan berbagai promo menarik untuk anak sekolah yang dapat mendukung dalam pelaksanaan sekolah daring. “Kami juga menghadirkan berbagai promo untuk anak sekolah, itu bisa di cek di aplikasi My Im3 Ooredoo,” jelasnya.

Ira, salah satu pelajar Sekolah Menengah Atas merasakan betul peningkatan penggunaan kuota selama bersekolah Online,  bahkan dirinya mengaku dapat menghabiskan kuota internet puluhan GB dalan kurun waktu hanya seminggu.

“Selama bersekolah daring, penggunaan kuota internet saya meningkat. Biasanya saya beli kuota yang puluhan gb bahkan unlimited tapi biasanya hanya seminggu digunakan,” ujarnya. (*)