oleh

Tekad lahirkan Alumni berkualitas, FDK UIN Alauddin Prioritaskan Kompetensi

Editor : Any Ramadhani-Kampus-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Proses pembelajaran dan fasilitas penunjang merupakan suatu hal prioritas penting saat ini, karena bisa dijadikan modal investasi melahirkan alumni berkualitas di masa depan.

Pendidikan yang baik dan berkualitas juga dapat menentukan karir alumni dalam dunia kerja sehingga menjadi lebih profesional, oleh karena itu pendidikan pada tingkat perguruan tinggi saat ini dipandang penting oleh masyarakat.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin Makassar, Dr. Firdaus Muhammad menuturkan, berbagai potensi dan keunggulan yang dimiliki di FDK akan dikerahkan semaksimal mungkin, untuk menghadapi persaingan tersebut.

Jadi sangat penting bagi pihaknya melakukan branding untuk mengenalkan kampus.

“Tentu kualitas alumni sangat peting. Sekarang alhamdulillah, akreditasi terus naik, jadi selain mendapatkan 3 akreditasi (A), baru-baru ini ada prodi baru, sekarng sudah mendapatkan akreditasi (B) itu luar biasa khusussnya untuk prodi manejemen Haji dan Umroh, itu jurusan baru tapi alhamdulillah akreditasinya (B),” tuturnya.

Selain itu, ke depan dia juga berpikir, agar prioritaskan pelayanan fakuktas kepada mahasiswa. Bagaimana melayani mahasiswa, terutama dengan konsep kampus merdeka dan merdeka belajar.

“Jadi, secara akademik kami sudah membaik, akreditasinya sudah baik, ada SKPI (surat keterangan pendamping ijazah) menunjukkan softskill mahasiswa siap kerja,” jelasnya.

Menurutnya, segala instrumen yang ada, akan diperkuat lagi adalah kerjasama dengan pihak-pihak mitra diluar, ini semua guna melahirkan suasana situasi pendidikan belajar, yang kondusif di FDK UIN Alauddin.

“Tentu ditandai dengan sarana dan prasarana, pelayanannya, akan kita liat pada outputnya yaitu mahasiswa,” terangnya.

Dia juga menyebutkan, mahasiswa FDK sudah mencapai proses prestasi gemiang di tingkat nasional dan internasional, seperti juara MTQ dan presenter belum lama ini.

“Ini kan juara MTQ nasional dari fakultas dakwah, kemudian yang menjadi presenter di Turki bersama dengan universitas lain itu daru fakultas dakwah, dan prestasi lainnya, hal ini menjadi duta-duta kampus untuk membangun bran di luar,” ungkap Firdaus.

Menurutnya, setiap tahun peminat lebih banyak di fakuktas yang dipimpinya. Ke depan juga dilakukan bagaimana, memberi kompetensi yang kuat kepada mereka sebagai mahasiswa dan alumni.

“Alhamdulillah setiap tahun wisuda selalu jumlahnya tinggi, kadang melebihi ekspektasi. Peminat juga alhamdulillah sngat besar. misalnya ada prodi, satu prodi itu peminatnya sampai ribuan yang di terima ada 80 orang. Ini menunjukkan bahwa sangat baik FDK,” pungkasnya. (*)