oleh

Ada Keringanan Utang Bagi Debitur Mangkir Hingga Desember Tahun ini

Any Ramadhani and Hikmah-Ekobis, Keuangan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Kementerian Keuangan perwakilan Sulawesi Selatan melalui Panitia Urusan Piutang Negara memberikan keringanan utang bagi para debitur mangkir melalui program ‘Lunas Hari Ini dan Lunas Sampai Nanti’.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJAN) Sulseltrabar Ekka S. sukadana menjelaskan, keringanan tersebut diberikan untuk membantu para debitur menyelesaikan sangkutan piutangnya.

“Tahun ini ada keringanan utang yang dimaksudkan untuk memberi keringanan bagi debitur,” ujarnya, Rabu (21/4).

Namun demikian, keringanan tersebut dibatasi untuk debitur UMKM dengan maksimal pinjaman Rp 5 Miliar dan debitur bukan UMKM maksimal Rp1 Miliar.

“Ini berlaku jika diselesaikan Juni dan dibatasi hingga Desember 2021,” pungkas Ekka.

Meski demikian kata dia, program ini hanya berlaku untuk kalangan UMKM dan kalangan terbatas, “Tidak berlaku untuk pelunasan utang tuntutan ganti rugi atau piutang ikatan dinas dan ada asuransi juga tidak bisa,” Sebutnya.

Lebih jauh, Ia mengungkapkan bahkan program ini menyasar penyelesaian utang debitur hingga 1382 orang, “Sementara ini sekitar 1600 debitur yang telah diberitahukan,” ungkapnya.

Terakhir Ekka berharap program ini bisa dimanfaatkan sebaik baiknya oleh debitur yang masih memiliki sangkut pinjaman, “Ada 980 mahasiswa dengan nilai pinjaman Rp9 miliar, sekitar 450 pasien rumah sakit dan 190-an UMKM diharapkan memanfaatkan program ini,” harapnya. (*)