oleh

Basarnas Tutup Operasi SAR, Edy Ditemukan

Editor : Any Ramadhani, Penulis : Sudirman-Sulbar-

MAJENE, BACAPESAN.COM – Tim Basarnas Mamuju melaksanaan pencarian terhadap Edy, laki-laki/41 tahun, di perairan Leba-leba, Tammeroddo Utara, Kecamata Sendana, Kabupaten Majene, Selasa (27/04/2021),sekitar pukul 07.00 Wita.

Tim SAR gabungan melakukan pencarian, membagi 2 (dua) SRU, dengan area pencarian, SRU I melakukan penyisiran, menggunakan Rubber boat milik Basarnas dan SRU II menggunakan perahu nelayan, dengan area pencarian sejauh 7 Nm radial 270° arah barat.

Kepala Kantor SAR Mamuju, Saidar Rahmanjaya menyampaikan, pelaksanaan Operasi SAR kali ini, menggunakan Metode pencarian yang terencana, hal tersebut diambil dengan mempertimbangkan kondisi cuaca dan kondisi korban saat dilaporkan serta pertimbangan-pertimbangan teknis dalam pelaksanaan operasi SAR.

Setelah melakanakan breafing awal, Tim SAR gabungan segera melaksana pencarian terhadap korban sesuai rencana yang telah ditentukan.

“Pada pukul 12.00 Wita, Tim SAR Gabungan menerima informasi dari Burhan keluarga korban, Bahwa Edy/laki-laki/41 Thn telah ditemukan dalam keadaan selamat, pada jarak 2 Nm arah utraa pulau bakak-balang Makassar. Korban ditemukan oleh KLM Cahaya Putri dan dievakuasi ke pulau Barrang Lompo, yang selanjutnya diserahkan ke pihak keluarga di Kabupaten Majene, korban diperkirakan tiba di Majene pada esok hari 28 April 2021,” jelasnya.

Pihaknya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh unsur Potensi SAR dan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan. “Sebuah sinergisitas yang harus selalu dijaga dalam setiap pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan, di seluruh wilayah Sulawesi Barat,” ucap Kepala SAR Mamuju

Selain itu, Saidar menetapkan Pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan (SAR) dinyatakan selesai dan ditutup pada pukul 13.00 Wita, dengan ucapan terima kasih kepada seluruh Unsur SAR yang terlibat

Adapun unsur SAR yang terlibat dalam Operasi Pencarian, Team Rescue Kansar Mamuju, polres Majene, BPBD Majene, PMI Majen, masyarakat.

Dengan adanya sinergitas dari semua instansi/organisasi berpotensi SAR korban dapat ditemukan sesuai Ren Ops hari ke dua Operasi Pencarian dan Pertolongan. “Semoga sinergitas ini tetap dipertahankan bahkan terus ditingkatkan sehingga setiap giat Operasi Pencarian dan Pertolongan dapat terlaksana dengan maksimal dan terkoordinasi dengan baik,” tutupnya. (*)