oleh

Ratusan Pejabat Fungsional Pemkot Parepare Dilantik, Taufan Pawe: Jadilah Sosok ASN Tangguh dan Profesional

Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM РPemerintah Kota Parepweare melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD), melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat fun rundown rundowngsional di li3ngkungan Pemerintah Kota Parepare, Rabu (28/4/2021) di Lapangan Tenis Indoor Rujab Walikota Parepare, dengan protokol kesehatan secara ketat.

Sebanyak 166 pejabat fungsional dilantik oleh Wali Kota Parepare Taufan Pawe, didampingi Wakilnya Pangerang Rahim, Kepala BKPSDMD, dan dihadiri para asisten, staf ahli, para pimpinan SKDP, Camat dan Lurah.

“Acara ini sangat sakral. Mengapa saya katakan sakral karena ini adalah titik awal saudara dalam meniti karir. Semua pejabat memulai dari titik nol. Saya berharap saudara menjadi sosok ASN kuat dan tangguh yang profesional dan berintegritas,” tegas Taufan

Taufan Pawe berharap, pelantikan itu tidak sebatas seremonial belaka, namun sebagai rangkaian dalam merajut komitmen fungsi-fungsi manajemen.

Ketua DPD I Golkar Sulsel ini juga mengutip pernyataan penyederhanaan birokrasi yang disampaikan Presiden RI, Joko Widodo.

“Saya mengutip pernyataan Bapak Jokowi, Presiden RI terkait penyederhanaan birokrasi dibagi dua level yaitu Jabatan Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama sedangkan jabatan administrator dan pengawas disetarakan menjadi jabatan fungsional berbasis keahlian, keterampilan, dan kompetensi tertentu,” ungkap TP, akronim Walikota Parepare dua periode ini.

Taufan Pawe menilai, kebijakan tersebut memberikan ruang bagi pejabat fungsional, sehingga perlunya mengasah keterampilan yang dimiliki.

“Saudara yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya, tentu di dalamnya harus dipandang dalam bingkai keahlian. Walaupun bermodalkan sedikit keahlian tapi jika diasah terus menerus dan memperlihatkan kinerja, maka saudara akan tampil profesional. Jangan pernah berhenti belajar, asah kemampuan dan manfaatkan sumber-sumber belajar yang tersedia,” ucap Taufan meminta Kepala BKPSDM Parepare memerhatikan peningkatan kualitas dan kapabilitas ASN lewat pendidikan dan pemberian beasiswa.

“Hari ini secara legalitas saudara telah diakui sebagai jabatan fungsional. Saya berharap jagalah amanah in dengan baik sebagai abdi masyarakat, abdi pemerintahan, dan abdi masyarakat karena lillahi ta’aala,” tutup Taufan

Sementara itu, Kepala BKPSDMD Parepare Gustam Kasim menambahkan, dari 166 pejabat fungsional yang dilantik, enam orang diantaranya tidak hadir.

“Sesuai arahan bapak walikota, kami akan mengevaluasi alasan enam orang ini tidak hadir dalam pelantikan, dan jika alasannya tidak masuk akal, maka akan diberi sanksi sesuai aturan yang berlaku yaitu tunjangan fungsionalnya ditunda,” jelasnya.
(***)