oleh

Bupati Torut Sampaikan Sambutan Perdana Terkait Program Prioritas

Editor : Any Ramadhani, Penulis : Cherly-Toraja Utara-

TORAJA UTARA, BACAPESAN.COM – Pasangan Bupati dan wakil Toraja Utara (Torut), Yohanis Bassang – Frederik Victor Palimbong yang baru dilantik pada awal pekan ini, menghadiri paripurna DPRD Torut dalam rangka penyampaian pidato sambutan bupati Torut masa jabatan 2021-2026.

Dalam kesempatan itu, bupati Torut, Yohanis Bassang atau yang akrab disapa Ombas menyampaikan program prioritas pada masa jabatannya dimana sedikitnya ada 15 program prioritas yang akan dilaksanakan.

Pihaknya menjelaskan, salah satu program yang akan dilaksanakan adalah kantor bupati mobile dimana bupati akan berkantor di kecamatan-kecamatan dengan menyertakan OPD yang terkait langsung dengan kebutuhan masyarakat seperti dinas kependudukan dan catatan sipil yang akan memberikan pelayanan untuk KTP, akte lahir dan akte pernikahan. Dinas Sosial dalam rangka verifikasi data penduduk penerima PKH dan beberapa OPD lainnya. Dalam rangka pendekatan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, program prioritas lainnya seperti penataan pasar Bolu, penataan kota Rantepao termasuk dalam hal kebersihan kota. Dan satu hal yang perlu menjadi perhatian adalah rumah jabatan (rujab ) yang belum ada, bahkan kantor DPRD paten juga belum ada. Sehingga dirinya berjanji tidak akan mempergunakan dana sewa rujab tetapi akan mengembalikan untuk dipergunakan untuk dana penyediaan rujab dan lain-lain.

Ditambahkannya bahwa akan dilakukan beda DPA pada masing-masing OPD untuk memilih program yg prioritas dan kemudian akan melakukan rasionalisasi APBD agar tidak terjadi devisit diakhir tahun. Serta APBD akan dibuka secara transparansi setelah mendapatkan persetujuan dari DPRD.

“Mari kita menyatukan presepsi untuk membagun Torut jauh lebih baik kedepan, mari kita tinggalkan perbedaan warna, perbedaan politik untuk Torut lebih baik ke depan,” pungkas Ombas.

Sementara, anggota DPRD Torut dari fraksi PDIP, Herman Pabesak dalam kesempatan itu mengatakan bahwa bupati sudah menyampaikan 15 program prioritas, namun masih perlu diakan pembahasan dengan DPRD apakah program tersebut sudah sesuai dengan RPJMD yang ada. (*)