oleh

Wali Kota Parepare Harap RSUD Andi Makkasau Parepare Siagakan Dokter dan Obat Saat Libur Lebaran

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Mengantisipasi ledakan pasien saat libur lebaran Idul Fitri, 12 hingga 17 Mei, Wali Kota Parepare Taufan Pawe, meminta manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau siap siaga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Taufan Pawe, senin di Ruang Pola Kantor Walikota pada rapat koordinasi jelang cuti bersama. Dia menegaskan bahwa, petugas jaga, dokter, dan stok obat aman terkendali dan diharapkan rumah sakit rujukan di Utara Sulsel ini siaga 24 jam.

Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare, dr. Renny Anggraeny Sari menjelaskan, telah melakukan pengaturan shift jaga petugas 24 jam di Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan rawat inap.

“Termasuk layanan penunjang, seperti kamar operasi, laboratorium, radiologi, Farmasi, CSSD dan Gizi,”urai dr. Renny, sapaan karib lulusan Universitas Hasanuddin ini.

Selain membuka pelayanan tersebut, pihak RSUD juga memantau ketersediaan obat-obat dan Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) termasuk untuk screening Covid-19.

“Kami sudah mendapat bantuan Dinkes dan sudah sampai di RS. Walaupun sampai saat ini pasien Covid kosong di RS, namun kami tetap siap siaga untuk antisipasi layanan penanganan pasien Covid-19 dan adanya lonjakan pasien-pasien baru pasca lebaran,” detail Renny saat ditanyai kesiapan RSUD Andi Makkasau oleh Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

Selain petugas jaga yang sudah dijadwalkan, pihaknya juga menyiagakan petugas back-up. “Ini untuk mengantisipasi biasanya H-1 pasca lebaran ada lonjakan pasien di IGD terutama untuk kasus-kasus gangguan pencernaan maupun kecelakaan lalu lintas. Ini yang kami antisipasi sehingga layanan dapat berjalan tanpa hambatan. Jadi layanan yang tutup hanya rawat jalan namun kami buka satu layanan rawat jalan di IGD, untuk mengantisipasi pasien-pasien tersebut,” lugas Renny.
(***)