oleh

Ketua Komisi 1 DPRD Minta Bupati Takalar Batalkan Pelantikan Sekwan

Editor : Any Ramadhani, Penulis : Ady-Takalar-

TAKALAR, BACAPESAN.CO – Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Takalar, Nurdin HS meminta Bupati Takalar, Syamsari membatalkan pelantikan Sekretaris Dewan (Sekwan), Faisal Sahing. Ia menilai pelantikan tersebut cacat hukum dan melanggar aturan perudang-undangan.

Dari empat pejabat yang dilantik oleh Bupati Takalar Syamsari di Ruang Pola Kantor Bupati Takalar pada Selasa 11 Mei 2021, satu diantaranya jadi sorotan pihak DPRD Takalar yakni Sekretaris Dewan (Sekwan).

“Pelantikan Sekwan, Faisal Sahing yang dilakukan Bupati Takalar ini tidak melibatkan DPRD. Jadi saya minta dibatalkan,” kata Ketua Komisi 1 DPRD Takalar, Nurdin HS, Rabu (12/5/2021).

Polisitisi PPP itu mengatakan, berdasarkan ketentuan yang telah diatur dalam pasal 205 ayat (2) Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah ditegaskan bahwa, sekretariat DPRD kabupaten atau kota sebagaimana dimaksud pasal 204 ayat (1) dipimpin oleh sekretaris DPRD kabupaten atau kota yang diangkat dan diberhentikan dengan keputusan Bupati/Walikota atas persetujuan pimpinan DPRD kabupaten/kota.

Kemudian lanjut dia, pada pasal 31 ayat (3) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah ditegaskan pula, sekretaris DPRD kabupaten/kota sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diangkat dan diberhentikan dengan keputusan Bupati/ Walikota atas persetujuan pimpinan DPRD kabupaten/kota setelah berkonsultasi dengan pimpinan fraksi.

Selanjutnya pada pasal 127 ayat (4) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) ditegaskan khusus untuk pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang memimpin sekretariat DPRD, sebelum ditetapkan oleh Baperjakat dikonsultasikan dengan pimpinan DPRD.

“Nah, ini yang tidak dilakukan pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Takalar kepada DPRD dalam hal ini Bupati Takalar. Persetujuan pelantikan Sekwan itu bukan hanya lisan, tetapi tertulis. Unsur tujuh (7) fraksi yang ada di DPRD juga harus diberitahu dan dimintai pertimbangan,” ujarnya.

Diketahui, Bupati Takalar Syamsari melantik empat pejabat eselon ll atau setara pejabat Pimpinan Tinggi Pratama hasil seleksi terbuka (Open Bidding) lingkup Pemda Takalar.

Adapun empat pejabat eselon II tersebut, yakni Faizal Sahing, Sekwan DPRD Takalar, Rusdi Said, Kepala Dinas PTSP, Dahlan Jamalang Kepala BPKD, H. Baso, S.Pd Kepala Dinas Sosial dan PMD. (*)